Hal Baru Di Android 10 Samsung Galaxy S9 Series | Droidinside

Hal Baru di Android 10 Samsung Galaxy S9 Series

  • 3 min read
  • Jul 04, 2020
android 10 Samsung Galaxy S9

Android 10 Samsung Galaxy S9 Series sudah ada sejak awal tahun 2020. Apa saja informasi updatenya dan kelebihan kekurangannya setelah update?

Informasi Android 10 Samsung Galaxy S9 Series

Versi Update Samsung Galaxy S9 Series

Lahir dengan sistem operasi Oreo, ponsel dari brand Samsung ini sangat menarik untuk droidinside bahas. Karena spesifikasi yang cukup mumpuni, Android 10 pun dijanjikan sebagai sistem operasi terbaru ponsel ini. Tentunya dengan antarmuka One UI 1.0 menjadi One UI 2.0 dan bahkan mendapatkan versi One UI 2.1 sebagai versi terbaru. Update OS terbaru ini pasti juga memberikan pengalaman antarmuka baru seperti pada seri A seperti Galaxy A30, A20, A50 dan lainnya.

Kamu perlu mengetahui Android 10 Samsung S9 memiliki banyak varian di seluruh dunia. Varian tersebut diantaranya Galaxy S9 (biasa) dan Galaxy S9 Plus dan Galaxy Note 9. Ketiga seri tersebut identik sehingga bisa disatukan saja reviewnya. Selanjutnya dari seri tersebut, memiliki region masing-masing. Beberapa user Indonesia menggunakan seri Samsung Galaxy S9 pada wilayah dengan kode:

  • Indonesia atau SEIN (G965FXX)
  • Singapura (G965FO)
  • US Amerika (G965U)
  • Korea (G960NK)

Urutan Update Android 10 Samsung S9

Adapun patch keamanan yang menandakan waktu rilis update terbaru Android 10 ponsel Galaxy S9 Series diantaranya pada versi:

Januari 2020

Merupakan versi pertama dimana seri Galaxy S9 mendapat update Android 10. Tampilan akan berubah drastis dari Android versi sebelumnya. Dengan mengusung tampilan One UI 2.0 user akan dimanjakan banyak fitur dari Android Q ini.

Maret 2020

Merupakan update untuk patch keamanan bulan maret.

Mei 2020

Hanya update patch keamanan bulan mei.

Juni 2020

Update ke antarmuka One UI 2.1 yang merupakan perubahan yang cukup besar dibanding hanya update Patch keamanan. Berikut beberapa hal yang akan kamu dapatkan.

Emoji AR datang sebagai peningkatan dalam fitur edit manual dan ekspresi wajah. Emoji AR akan ditambah yang baru dan yang lama akan terhapus

Fitur Kamera Baru seperti Zona AR, pengambilan gambar tunggal, Pro Video, Filter Saya, Nada Selfie dan Peningkatan Mode Malam.

Peningkatan Galeri seperti peningkatan untuk pencarian dan potong gambar dengan cepat.

Cara Update Android 10 Samsung Galaxy S9 Series

Untuk melakukan update, harus dengan metode Over The Air (OTA), dimana download langsung dari sistem dan ponsel memperbarui sendiri. Proses update akan memakan waktu dan kuota dan selalu ingat untuk mempersiapkannya. Langkah-langkah updatenya:

  • Buka Pengaturan atau dengan klik tombol gear pojok kanan atas dengan swipe layar kebawah dari atas
  • Pilih Update Perangkat Lunak
  • Apabila pegecekan telah selesai dan sudah ada pembaruan perangkat, pilih Update/Perbaruicara update samsung galaxy s9

Bagi kamu user seri Galaxy S9 dengan region US atau Amerika, ketika ponsel ini kamu bawa ke Indonesia, maka kamu tidak akan mendapatkan update Android 10. Untuk mendapatkannya kamu harus berkunjung ke negeri paman sam tersebut. Adapun kamu bisa mengupdate ke Android 10 melalui aplikasi flashing Samsung seperti Odin. Namun resikonya cukup besar, apabila ponsel kamu belum unlock akan menyebabkan ponsel mati. Servis center bisa kamu gunakan jasanya untuk update dan mungkin akan lebih aman.

galaxy s9 us update

Fitur Android 10 Samsung Galaxy S9 Series

Baterai

Patch keamanan atau waktu update akan mempengaruhi performa baterai. Pada patch Januari kamu akan menemukan penggunaan baterai menjadi boros. Namun setelah kamu update ke patch Maret dan seterusnya maka penggunaan baterai akan kembali seperti semula, tidak menjadi boros maupun tidak menjadi irit. Hal ini juga tidak berpengaruh pada kecepatan dalam pengisian daya.

Performa

Terjadi penurunan performa untuk gaming khususnya pada Samsung Galaxy S9 Series yang menggunakan prosesor Exynos. Berlaku kebalikan untuk tipe prosesor Snapdragon. Pada keseluruhan versi, terdapat peningkatan dalam penggunaan untuk multitasking dan lebih smooth dalam geser layar ditambah dengan fitur gesture Android 10 menambah kesan lebih ciamik pada performa.

Finger Print dan Irish

Pada semua versi, Android 10 Samsung Galaxy S9 Series memberikan kenyamanan karena respon Fingerprint dan Irish menjadi lebih cepat. Terdapat user yang mengalami sensor sidik jari tidak berfungsi pada patch Januari.

Kamera

Bagi pengguna Galaxy S9 Series, terdapat penurunan kualitas jepetran kamera khususnya pada mode malam. Lebih banyak noise yang dihasilkan saat memotret di malam hari setelah update patch Januari dan Maret. Update terakhir yaitu patch keamanan Juni kamu akan mendapatkan fitur kamera depan yang support video FHD/UHD pada 60 fps, namun ini tidak tersedia pada semua seri Samsung Galaxy S9. Master kamera akan tersedia pada Galaxy S9 versi tertinggi yaitu pada Note 9 dan S9 plus.

master kamera galaxy s9

Zona AR sebagai fitur baru dari update Patch Juni yang disematkan ke kamera memiliki pilihan seperti untuk potret makanan, panorama, dan malam. Dibawah ini penampakannya, akan membuat jepretan kamera lebih optimal:

zona AR galaxy S9

Lain-Lain

Bagi pengguna yang mendapatkan Android 10 Samsung Galaxy S9 Series pada path Juni dengan membawa One UI 2.1 akan mendapatkan fitur perekaman layar mode pro. Hal ini akan menambah perekam layar dengan input suara dari internal sistem yang menjadikan suara jernih. Versi patch pertama akan mengalami bug tidak bisa buka aplikasi mobile bank, jadi perlu diupdate terlebih dahulu.

Penutup

Untuk menghindari baterai yang boros, lag saat bermain game setelah update Android 10 Samsung Galaxy S9 Series, kamu perlu melakukan reset ke pengaturan pabrik yang akan memudahkan sistem beradaptasi dengan aplikasi-aplikasi terdahulu.

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!