Android 10 Di Samsung Galaxy A30 | Droidinside

Android 10 Di Samsung Galaxy A30

  • 3 min read
  • Jun 13, 2020
samsung galaxy a30 android 10

Informasi review produk Samsung yang update Android 10 telah admin dapatkan. Apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30 setelah di update ?

Informasi Update Samsung Galaxy A30

Bulan maret lalu, Samsung Galaxy A30 mendapatkan update Android 10 di negara India terlebih dahulu. Selanjutnya menjamur ke negara-negara lain seperti Indonesia yang tepatnya kalau tidak salah bulan april kemarin satu persatu pengguna ponsel Samsung ini mendapatkan update secara Over The Air (OTA).

Ponsel besutan brand Samsung ini memiliki prosesor Exynos 7904 dengan CPU Octa core ber GPU Mali G-71 MP2. Sebelumnya menggunakan Sistem Operasi Android Pie dan ponsel ini sudah mendukung Wifi 5 Ghz. Update untuk Hp ini seperti layaknya ponsel-ponsel lain yang menunggu giliran tiap negara.

Update pertama muncul membawa Patch Keamanan 1 Febuari 2020. Selanjutnya yang paling baru admin dapatkan dari pengalaman yaitu Patch Keamanan 1 Maret 2020. Untuk update ini tidak jauh berbeda dengan yang disuguhkan oleh Galaxy A20. Kamu akan disuguhi tampilan antarmuka One UI 2.0 yang lebih menarik dari sebelumnya, tentunya ditambah fitur Android 10 yang cukup keren dan kekinian.

Untuk mendapatkan Android 10 ini kalian harus update dulu ponsel Galaxy A30 kalian, bagaimana caranya?

Cara Update Samsung Galaxy A30 ke Android 10

Seperti biasa metode simpel ini akan memandu kamu untuk mengupdate Samsung Galaxy A30 kamu. Metode update ini juga bisa kamu gunakan pada rekan ponsel ini, Galaxy 30s sebagai seri yang lebih tinggi. Software update ini resmi dan bukan beta seperti pada beberapa ponsel yang mendownload manual firmware.

  • Buka Pengaturan
  • Klik Software Update
  • Klik unduh jika sudah tersedia disana

Agar kamu bisa lebih paham mau update ke Android 10 atau tidak, admin akan memberikan beberapa informasinya, apakah akan semakin baik setelah diupdate atau malah lebih buruk atau bermasalah? Apa saja pengalaman yang didapatkan oleh user setelah mereka mengupdate ponsel mereka ke Android 10

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30 Update Android 10

Informasi dibawah ini adalah pengalaman yang dirasakan pada update Android 10 Galaxy A30 patch keamanan 1 Maret 2020. Adapun kelebihan dan kekurangannya,

galaxy a30 setelah update android 10

Kelebihan

  • Performa untuk sosmed ria meningkat (lebih smooth dalam penggunaan) dan untuk pengguna yang merasakan Lag pada story video Instagram teratasi setelah update jadi lebih lancar meskipun masih ada Lag sedikit
  • Fitur Mode Gelap
  • Layar lebih maksimal untuk geser-geser pada android ini, alias lebih enak
  • Peningkatan kualitas suara dari versi sebelumnya

Kekurangan

  • Charger lebih lama dari biasanya
  • Penurunan kualitas hasil foto
  • Baterai boros, kebanyakan user merasakan posisi baterai dibawah 20% sangat cepat terkuras habis (ini adalah bug)
  • Drop frame saaat bermain game lebih sering terjadi. Selain mode HFR hilang juga ditambah sering drop buat main game
  • Error saat menggunakan kamera untuk mode selfie group
  • Rekam layar belum tersedia
  • Penerimaan sinyal menjadi sedikit lebih lemah
  • Bug touch terasa oleh sedikit user, seperti layar menekan sendiri pada suatu tempat di layar atau pada saat mengetik

Penutup dan Update Patch Mei 2020

Buat kamu yang mengalami kekurangan setelah update seperti charger lama dan baterai boros, kamu perlu melakukan factory reset dahulu pada ponsel Samsung Galaxy A30-mu. Setelah itu, kalibrasikan baterai kamu dengan mencharger ponsel sampai penuh kemudian gunakan sampai mati dengan mengulangi 2x. Mungkin ini akan membantu mengatasi baterai yang cepat terkuras di bawah 20%.

Kamera tidak bisa, ini bawaan dan mungkin akan diperbaiki pada update selanjutnya. Frame drop saat bermain game bisa kamu atasi dengan factory reset juga, dengan lebih banyak melegakan penyimpanan di ponsel kamu ini akan memperbaiki performa saat bermain game. Hal ini mungkin dirasakan menjadi masalah bagi user Galaxy A30 setelah update.

Error saat menggunakan kamera untuk selfie group bisa diatasi dengan mudah. Tinggal pergi ke pengaturan dan pilih kamera. Pada penyimpanan, klik hapus data. Menghapus data kamera ini aman dan akan memperbaiki masalah ini.

Update Patch Mei 2020 ada hal baru yang cukup signifikan yaitu penerimaan sinyal menjadi bagus dan lebih baik. Untuk bug atau kekurangan yang lain masih tetap sama tidak ada perbedaan.

bug galaxy a30 setelah update android 10

Tinggalkan Komentar!