Android 10 Di Realme 3 Update C.13 | Droidinside

Android 10 Di Realme 3 Update C.13

  • 5 min read
  • Jul 10, 2020
Realme 3 Android 10

Hai kalian pengguna setia Realme 3, ada kabar baik yang mungkin belum baik juga sih terkait peningkatan Sistem Operasi pada android keluaran bran independen dari Oppo. Yang ditunggu-tunggu yaitu adanya update Android 10.

Lalu apa saja informasi terkait Android 10 di ponsel Realme ini?

Android 10 Realme 3

Sebelumnya OEM (Korporasi Elektronik) China telah memberikan janji pembaharuan pada Realme 3 dan Realme 3i pada bulan april ini. Menurut web Realme, versi tersebut merupakan versi stabil. Sebuah sistem operasi yang terbaru dan memiliki fitur-fitur yang tidak bisa dilewatkan ini akan menjadi kabar gembira sekaligus menambah produk-produk android yang mendapatkan update Android 10.

Berbeda dengan Realme 3 pro, yang telah mendapatkan update resmi Android 10 yang stabil. Pada dua ponsel sebelumnya ini pastilah sedang diuji coba oleh mereka pada user yang ingin mencoba hal baru.

Jika versi beta dari Android 10 ini telah diuji coba kan pada user untuk diketahui apa saja kekurangan maupun bug yang ada maka tidak mungkin akan berjalan lama untuk keluar versi yang stabil. Apalagi semakin banyak yang mencoba dan melaporkan bug maupun kekurangan yang ada.

Kalian yang ingin mencoba versi beta Android 10 pada Realme 3 ini pasti penasaran apa saja yang baru maupun ditingkatkan dari versi sebelumnya. Kalian penasaran? Simak beberapa informasi yang admin dapatkan dibawah, info ini penting untuk kalian yang tidak sabar agar memilih untuk segera mengupdate atau bertahan di OS sebelumnya saja.

Namun, program beta tester untuk update Realme 3 ke versi Android 10 sebenarnya telah ditutup atau mungkin hanya dibatasi 2500 pengguna setiap hari. Program beta ui ini dapat diakses melalui aplikasi Realme Community.

Pada link https://www.rmupdate.com/2020/04/05/realme-3-realme-ui-beta/ sebelumnya membuka untuk pengguna yang ingin mengetahui seluk beluk Android Q ini. Versi software paling mutakhir untuk Realme 3 adalah RMX1821EX_11.A.28 yang masih menggunakan ColorOS 6.0 lalu update untuk beta adalah versi dengan ekor C.06 (23 April), C.07 (27 April) yang merupakan versi terbaru. Beberapa literatur yang admin dapatkan, ekor C.06 ini adalah stabil.

Jika kamu ingin mendapatkan versi C.06 kamu tinggal ubah saja region/wilayah kamu ke India. Dan lakukan pengecekan update Software di pengaturan. Admin sarankan agar posisikan ponsel Realme 3 kamu pada ekor 11.A.28 (ColorOS 6.0) dan lakukan backup data terlebih dahulu. Cara ini pun tidak bisa berhasil pada semua pengguna yang ingin update ke Android 10.

Kelebihan dan Kekurangan Android 10 Realme 3 Beta

Android 10 pada Realme 3 tidak lagi menggunakan antarmuka ColorOS 6.0 namun berubah menjadi RealmeUI versi 1. Hal ini memberikan gambaran bahwa Realme cukup serius dalam melakukan pemutakhiran antar muka dengan memberikan UI baru. Tidak seperti Zenfone Live yang menggunakan stok android, mungkin dev nya udah males ya ngasih update an UI jadi dikasih pure saja. heheheh

realme 3 update android 10

Beberapa kelebihan yang admin dapatkan dari berbagai literatur dan pengguna setelah update ke ekor C.06 diantaranya:

  • Tampilan antarmuka baru, berbeda dengan ColorOS
  • Optimisasi pada penggunaan satu tangan dan peningkatan pada Bola Asisten yang merupakan fitur optimisasi dari Sidebar
  • Screenshot menggunakan 3 jari dengan kelengkapannya dalam mengambil gambar pada bagian layar maupun untuk gulir keseluruh layar kebawah serta pengaturan ss yang lebih lengkap
  • Seluruh Gesture akan berfungsi pada landscape mode
  • Fitur Share Now mendukung ponsel Xiaomi, Oppo dan Vivo
  • Performa untuk gaming bertambah
  • Penggunaan lebih smooth
  • Baterai lebih irit
  • Rekam suara internal dalam ponsel dapat dilakukan

Kekurangan setelah update ke versi C.06:

  • Masih ada bug gyro yang delay (berpengaruh pada pengguna game)
  • Ghost touch masih menjadi masalah (bermain game dengan model analog terlepas sendiri dari jari)
  • Delay touch pada saat mengetik masih dirasakan beberapa pengguna
  • Sedikit lebih lama saat pengisian daya baterai
  • Lebih sedikit versi Gcam yang support di Android 10 pada ponsel ini
  • Dark mode belum merata ke keseluruhan bagian

Penutup

Beberapa kelebihan dirasakan oleh sebagian besar pengguna. Namun kekurangan tidak semua pengguna merasakannya. Masalah yang sering terjadi adalah pada delay touch, ghost touch, dan gyro delay. Bahkan masalah tersebut belum juga teratasi pada mereka yang telah update ke ekor C.07. Satu tips yang perlu diperhatikan beberapa pengguna agar bug bisa lebih ringan atau hilang, yaitu dengan melakukan factory reset setelah melakukan update.

Update

Beberapa hari yang lalu, update resmi android 10 untuk Realme 3 sudah keluar. Tanpa harus ganti region dan tinggal cek di pengaturan – sistem update, disana muncul untuk mengupdate dengan ukuran sekitar 2 Gb. Bagi kalian yang ingin mengupdate, ada beberapa poin penting terkait kelebihan dan kekurangan pada sistem yang sudah resmi ini. Update resmi RUI memiliki ekor C.10

Kelebihan RUI ekor C.10

  • Tampilan dalam pengaturan berubah drastis. Semakin bervariasi untuk mengatur segala hal yang ada pada ponsel kamu. Jadi nggak usah bingung jika pilihan di menu pengaturan lebih banyak. Hal ini bersifat positif karena kamu akan disuguhkan tampilan dan pengaturan yang benar-benar sesuai keinginan.
  • Perekam layar kini ditingkatkan. Rekam layar sekarang ditambah dengan fitur mengaktifkan kamera depan. Sehingga kamu bisa merekam layar, sekaligus merekam muka kamu dengan kamera depan. Fitur ini bagus untuk gamer yang ingin merekam permainan mereka sambil merekam ekspresi wajah pemilik hp.
  • Mode pada saat bermain game sangat berguna buat kamu dan terlihat baru. Disana kamu bisa mudah dalam bermultitasking ria bahkan sambil bermain game. Seperti pada gambar ini, kamu bisa bermain PUBG dengan jendela WA yang keluar dan bisa berbalas pesan dengan mudah tanpa harus keluar game.
    mode game Realme Android 10
    Tampilan mode Game Realme UI Android 10
    realme 3 update ke android 10

Kekurangan RUI ekor C.10

  • Fingerprint menjadi tidak responsif. Lebih sering tidak responsifnya daripada cepatnya dalam membaca sidik jari. Sebuah kelemahan yang dirasakan cukup mengganggu.
  • Delay touch terjadi jika Realme 3 memainkan game yang cukup lama dan pada saat hp sedang panas
  • Hotspot seluler seringkali disconnect sendiri dirasakan oleh beberapa user, tethering putus sendiri ketika connect hp maupun pc

Terlepas dari seluruh kekurangan dan kelebihan RUI pada ekor C.10, mungkin ada beberapa bug atau kelemahan yang bahkan masih dirasakan setelah kamu update realme 3 ke android 10. Bug mungkin masih ada sejak dirilisnya versi beta. Namun, setelah kamu membaca postingan ini pasti nya tambah yakin dong buat update realme 3 kamu ke OS yang baru.

Update Realme 3 C.13

Update paling baru yang tersedia android 10 untuk device ini adalah Realme 3 C.13 yang mulai merata (bertahap) ke seluruh pengguna Realme 3 biasa, dan Realme 3 pro. Khusus untuk  pengguna RMX1821EX_11.C.13 (Realme 3), dapat melakukan update software melalui firmware yang bisa didownload di:

https://www.realme.com/id/support/software-update

Cari device Realme 3 kalian disana, kemudian lakukan download dengan ukuran 2,46 Gb. Setelah download selesai, pindahkan file tersebut ke Penyimpanan Internal. Lalu klik saja file tersebut, maka proses update nanti akan dilakukan. Pastikan baterai cukup untuk mendownload dan melakukan update sekitar 1 – 2 jam.

Sebenarnya semua pengguna Realme 3 akan mendapatkan update C.13 namun bertahap melalui OTA (Over The Air) pada Pembaruan Perangkat Lunak. Beberapa hal yang kamu dapatkan setelah update ini adalah

  • Tingkat patch Kemanan Juni 2020
  • Penambahan Realme Link
  • Penyelesaian masalah pada sentuhan saat bermain game
  • Optimalisasi kualitas tampilan

Setelah update, biasanya device akan menjadi lebih panas dari biasanya dan Lag dalam pengoperasiannya dibanding biasanya. Hal ini adalah wajar, kamu cuma tinggal nunggu 2-3 hari agar ponsel Realme 3 kamu menjadi normal kembali. Atau jika tidak sabar menunggu, lakukan reset ke pengaturan pabrik agar sistem lebih mudah melakukan penyesuaian terhadap file maupun aplikasi dalam penyimpanan.

Meskipun sudah mendapat Fix Delay Touch (penyelesaian masalah sentuhan), akan tetap terjadi Delay Touch atau Ghost Touch jika kamu masih mengaktifkan mode Screenshot 3 jari. Matikan fitur ini supaya dapat menghilangkan masalah ini. Banyak user mengatakan bahwa update ini benar-benar menyelesaikan masalah Touch namun ada yang masih merasakannya. Entah apa yang merasuki hp ini sehingga update berkali-kali tapi masih masalah touch nya hehehe.

Tidak ada perubahan dalam penggunaan baterai dari versi ekor sebelumnya, adapun banyak sekali hal yang dapat mempengaruhi penggunaan baterai yaitu penggunaan game, kondisi tempat tinggal berhubungan dengan sinyal dan suhu ponsel. Jika kamu beruntung, pada update ini baterai kamu bisa jadi lebih irit.

realme 3 update c 13

Tinggalkan Komentar!