5 Tips Atasi Alarm Tidak Berdering

  • 2 min read
  • Mar 29, 2021
alarm tidak berdering

Sebel ya, pasang pengingat supaya bisa bangun lebih awal tapi alarm tidak berdering. Bagaimana cara mengatasi beberapa hal yang menyebabkan alarm tidak berbunyi ?

Mengatasi Alarm Tidak Berdering

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menggunakan alarm untuk memicu kamu bangun. Seperti nada yang dipakai, waktu bahkan baterai ponsel sendiri perlu kamu perhatikan. Berikut ini ada tips mengatasi alarm tidak berdering dari admin untuk kamu yang sering pakai alarm, biar suara gak hilang alias gak berdering.

Cek Berkas Nada Alarm

Apakah kamu hanya bakal bangun kalau lagu alarmnya cukup keras seperti lagu tertentu ? Misal lagu Rock yang waktu awalnya udah terasa keras dan menusuk telinga biar kamu cepet bangun ? Pastikan kamu meletakkan suara/nada alarm tersebut di penyimpanan Internal ponsel kamu dulu.

Soalnya ada beberapa kasus, nada alarm diambil dari kartu memori. Ketika memori sudah dicabut dan bahkan sudah dikembalikan, nada alarm tidak muncul. Kalau balik lagi ke suara alarm bawaan ya bagus sih. Tetapi beberapa ponsel tidak demikian. Pengingat bakal hidup di layar tapi sama sekali nggak ada suaranya.

Pastikan juga nada alarm adalah musik dengan format MP3 320kbps saja. Jangan yang berat-berat kayak tipe musik Flac. Ini dapat membuat ponsel error saat membunyikan nada karena cukup berat.

Mematikan Mode Hening Atau Jangan Ganggu

Beberapa ponsel android ketika masuk ke mode hening juga akan mempengaruhi alarm tidak berdering. Sebagian juga ada yang masih tetap menghidupkan suara alarm meskipun dalam mode ini.

Yang paling penting adalah mode jangan ganggu, apabila ini aktif dapat dimungkinkan alarm hanya akan tampil dalam bentuk notifikasi dan tidak bersuara.

mode do not disturb aplikasi diizinkan

Kamu bisa dengan mudah mematikan mode hening atau jangan ganggu dari Quick Access atau bar cepat dengan mengusap layar ujung atas ke bawah. Atau sebaliknya sesuai dengan merek ponsel masing-masing dan ketuk ikon jangan ganggu atau hening menjadi suara.

Restart Ponsel

Sebuah cara yang cukup simpel untuk mengatasi suara pengingat tidak berdering. Ini berhubungan dengan file suara yang dijadikan file dering alarm. Biasanya mengalami error perlu direstart, hal ini berdampak pada nada alarm yang tidak keluar.

Bug Pada Sistem

Ponsel yang diperbarui dapat juga mengalami masalah pada bagian alarm. Hal ini bisa disebabkan oleh bug pada sistem sehingga menyebabkan tidak keluar suara. Kamu perlu segera mengupgrade ponsel kamu ke versi sistem yang lebih baru. Atau sebaliknya, downgrade apabila pembaruan malah membawa masalah pada nada alarm.

Salah satu bug yang lain adalah alarm tidak berdering karena tidak mampu menghidupkan ponsel yang mati. Biasanya pada ponsel yang agak lama, ketika ponsel dimatikan dan meskipun masih ada daya di baterai, alarm tidak dapat bekerja dengan menghidupkan ponsel secara otomatis kemudian menyalakan alarm. Pastikan ponsel kamu punya cukup daya ketika alarm berbunyi.

Waktu Alarm Terlalu Pendek

Ini juga sering kok dilakukan sama admin. Misal pasang alarm di jam 04.00, tambah lagi jam 04.03 terus 04.05 berurutan hanya jeda kurang dari 5 menit. Kasus yang dialami adalah alarm pertama memang berbunyi, lamanya dering alarm akan bergantung pada lamanya nada/lagu. Apabila lagu cukup lama sampai 5 menit, maka akan ada tabrakan antar beberapa alarm dalam 1 waktu.

Alarm pertama sedang berdering dan di menit berikutnya alarm selanjutnya muncul. Hal ini akan menyebabkan ponsel galau, 2 alarm hidup dalam satu waktu akan berakibat bahkan nada alarm tidak keluar atau ponsel jadi diam. Ini mungkin murni kesalahan pengguna, jadi set alarm paling dekat tiap 5 menit sekali aja ya.

Penutup

Kejadian alarm tidak berdering mungkin sering menimpa beberapa pengguna yang mengandalkannya sekedar untuk pengingat atau agar lebih mudah bangun. Beberapa diantaranya bisa diselesaikan dengan merestart ponsel atau menyesuaikan beberapa pengaturan.

Semoga masalah alarm kamu dapat teratasi, biar bisa bagun pagi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *