Tips Aktifkan VoLTE Hp Samsung

  • Droidinside
  • Mar 11, 2022

Dengan kamu aktifkan VoLTE hp Samsung, maka kamu bisa mendapatkan layanan menelpon biasa (pulsa) tanpa mengganggu koneksi internet. Karena seringkali ketika kita bermain game atau internetan sinyal 4G penuh. Tapi pas ditelpon temen, sinyal berubah menjadi 2G atau E saja saat menerima panggilan. Tentunya hal ini akan cukup mengganggu kegiatan kita sehari-hari.

Dengan hadirnya fitur VoLTE, maka kamu bisa tetap internetan dengan lancar sambil menelpon biasa dengan pulsa. Karena prioritas jaringan seluler tidak hanya untuk internet saja, namun untuk panggilan telepon juga. Jadi akan sangat berguna untuk kamu yang butuh komunikasi secara simultan dalam sebuah perangkat. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya pada ponsel Samsung agar mendapatkan manfaatnya? Droidinside mengulasnya untuk kamu.

Cara Aktifkan VoLTE Hp Samsung

Sesuai namanya, Voice Over Long-Term Evolution (VoLTE) memungkinkan kamu melakukan panggilan maupun menerima panggilan telepon melalui jaringan 4G. Hasil suara telepon menjadi lebih jernih, lebih cepat terhubung, dan tetap bisa internetan lancar merupakan manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengaktifkan VoLTE pada ponsel android.

Tapi kamu perlu ingat bahwa ada 3 persyaratan agar bisa menggunakan fitur VoLTE di ponsel android. Pertama yang jelas hp harus mendukung fitur ini kemudian dihidupkan. Kedua di tempat kamu sekarang dimana ponsel berada, harus ada layanan VoLTE oleh provider kartu SIM. Ketiga sinyal bagus atau penuh pada jaringan 4G. Ini penting sebelum aktifkan VoLTE hp Samsung kamu.

Untungnya, untuk kebanyakan ponsel Samsung gak berbeda jauh pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini. Setelah kamu mengetahui berbagai persyaratan tersebut, berikut ini cara aktifkan VoLTE hp Samsung:

  • Buka menu Pengaturan (Settings: bisa diakses melalui quick access dengan usap layar dari atas ke tengah lalu tombol Gear. Bisa juga dengan menekan semua menu atau usap layar dari bawah ke atas untuk ponsel Samsung yang tombol navigasinya sudah ada di layar)
  • Pilih menu Koneksi (Connections)
  • Jaringan Seluler (Mobile Networks)
  • Klik tombol di sebelah kanan Panggilan VoLTE SIM 1 dan juga Panggilan VoLTE SIM 2
  • Ini akan mengaktifkan fitur VoLTE sesuai dengan SIM yang digunakan
setelan volte hp samsung droidinside

SIM 1 akan berganti dengan nama operator jika kamu sudah mengganti namanya secara manual. Keterangan di bawah fitur VoLTE tersebut yaitu Gunakan Jaringan Data LTE Untuk Panggilan Jika Memungkinkan. Artinya, meskipun kamu sudah mengaktifkan di pengaturan belum tentu VoLTE bisa digunakan. Karena ada persyaratan diatas yang perlu dipenuhi agar bisa menikmati fitur panggilan telepon via jaringan LTE atau 4G tersebut.

Sekarang kamu bisa terus bermain game atau internetan serta buat download file gede tanpa takut kena gangguan atau interupsi pas udah aktifkan VoLTE hp Samsung. Gak asik banget pas download file besar, lalu tiba-tiba hp ditelpon. Seketika koneksi internet putus, download-an gagal dan harus ngulang dari awal. Kasus ini juga sering admin rasakan. Mau gimana lagi, bisanya pasrah soalnya kalau mau bilang ke orang yang lagi nelpon itu. Bahwa koneksi internet lagi dipake buat download, ya lucu aja alesannya gak bakal mereka paham.

Berada Pada Wilayah Terjangkau VoLTE

Percuma saja jika kamu sudah aktifkan VoLTE hp Samsung apabila sedang tidak berada pada wilayah yang mendukung. Biasanya kota-kota besar yang mendukung jaringan VoLTE untuk berbagai provider kartu. Cobalah cek apakah provider atau kartu SIM yang kamu gunakan sudah mendukung fitur tersebut.

Berpindah ke wilayah yang mendukung VoLTE maka akan muncul ikon tersebut di samping batang sinyal atau di bagian atasnya. Ini sesuai dengan ikon VoLTE yang dimiliki sama si merek ponsel kayak gimana (contoh Infinix). Gambar atau ikon VoLTE muncul bahkan ketika belum digunakan untuk menelpon menandakan bahwa wilayah tersebut memang sudah mendukung jaringan tersebut.

Saat layanan VoLTE atau menu ini tidak muncul di pengaturan ponsel. Berarti ponsel kamu belum mendukung layanan ini. Untuk bisa mendapatkannya, coba untuk melakukan update pembaruan perangkat lunak. Cara aktifkan VoLTE hp Samsung model jadul juga sepertinya tidak bisa dilakukan oleh kamu sendiri. Tapi beberapa konter atau tempat servis hp bisa menyisipkan program VoLTE untuk ponsel Samsung yang bermasalah atau memang belum support. Sama seperti halnya melakukan pembaruan perangkat lunak, karena biasanya disana sudah ada sepaket.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.