Tips Aktifkan Jendela Mengambang Infinix

  • 3 min read
  • Okt 06, 2021
aktifkan jendela mengambang infinix

Droidinside berbagi tips dalam aktifkan jendela mengambang Infinix yang merupakan salah satu fitur wajib ponsel pintar masa kini untuk multitasking. Ketika ini diaktifkan, sebuah aplikasi akan dibuka dalam kotak kecil diatas aplikasi lain yang sedang terbuka. Artinya dalam satu waktu, ada 2 aplikasi yang terbuka sekaligus. Satu berbentuk jendela mengambang, sedangkan lainnya Full atau biasa dibagian bawah.

Membuka 2 aplikasi sekaligus di ponsel Infinix bisa juga menggunakan fitur Layar Split (Layar Pesan Terpisah). Bedanya yang satu ini layar dibagi dua dan bersifat lebih kaku. Kalau di jendela mengambang, aplikasi yang berada di atas bisa dipindah lokasinya di seluruh layar. Jadi misalkan kamu lagi membuka Whatsapp ketika menonton film. Whatsapp dibuat mengambang, lalu filmnya di bawah. Bisa dong, balesin pesan WA sambil nonton film. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk aktifkan jendela mengambang Infinix untuk manfaat tersebut?

Cara Aktifkan Jendela Mengambang Infinix

Kasus yang sering ditemui oleh pengguna ponsel yang terkenal dengan harga murah tapi spek gahar ini, kebanyakan belum tahu. Paling sering sebenarnya yang digunakan adalah Layar Split. Memang menurut admin,fitur jendela mengambang di hp merek ini cenderung disembunyikan dan memang absen/tidak ada pada tipe-tip tertentu. Setelan untuk jendela mengambang hanya ada di Opsi Pengembang.

Hanya model ponsel Infinix kategori Mid-High End yang memiliki fitur penuh sehingga bisa mengaktifkan Floating Windows, istilah dalam bahasa Inggris. Fitur penuh tersebut umumnya dimiliki ponsel Infinix dengan RAM 4 GB atau lebih tinggi.

Pastikan kamu mengaktifkan Opsi Developer ponsel Infinix terlebih dahulu. Dengan buka Pengaturan – Sistem – Ketuk 7 Kali Pada Nomor Bentukan. Kemudian:

  • Buka Opsi Pengembang melalui Pengaturan – Sistem – Opsi Pengembang
  • Geser ke atas
  • Klik pada Memaksa Aktivitas Untuk Dapat Diubah Ukurannya
  • Aktifkan Jendela Berformat Bebas
  • Paksa Mode Desktop
  • Sehingga aktif dan memudahkan aktifkan jendela mengambang Infinix jika memang Support

Kemudian, beberapa cara untuk mengaktifkan jendela mengambang di hp Infinix, admin sajikan dibawah ini.

1. Menggunakan Fitur Side Bar

Aktifkan dahulu fitur Side Panel, dengan cara:

  • Buka Pengaturan
  • Smart Panel (Panel Pintar) untuk ponsel yang lebih baru menu ini ada di Asisten Pintar
  • Buka sebuah aplikasi, untuk latar belakang atau bawah
  • Usap layar dari samping yang ada garis transparannya ke tengah. Smart Panel akan muncul.
  • Buka aplikasi pada pintasan tersebut

Setelah kamu bisa mengaktifkan fitur ini, langsung bisa membuka sebuah aplikasi dalam bentuk jendela mengambang/Floating Windows jika memilih ikon yang berada di Smart Panel. Umumnya aplikasi sosial media (FB, IG, Twitter, WA, Messenger) yang bisa diaktifkan dalam mode ini. Artinya tidak semua aplikasi mendukung.

cara jendela mengambang infinix dengan smart panel

Apabila setelah kamu membuka sebuah aplikasi di Smart Panel, dan malah terbuka aplikasi dengan lebar. Bisa dipastikan ponsel kamu tidak mendukung untuk melakukannya.

2. Mengaktifkan Lewat Finger Print

Cara aktifkan jendela mengambang Infinix yang satu ini cukup unik. Hanya dengan menekan Fingerprint 2x, aplikasi akan dibuka dalam bentuk jendela mengambang. Tentunya aplikasi tersebut sudah dibuka, dan mendukung fitur tersebut. Ponsel berada pada posisi layar hidup otomatis, aplikasi menjadi kotak kecil.

Cara ini tidak bisa diterapkan di semua ponsel Infinix, hanya beberapa saja dan kemungkinan tipe mahal aja yang bisa. Itupun sebagian pengguna juga mungkin belum mencoba dan ada yang tidak bisa.

3. Dengan Game Space Infinix

Hp Infinix dengan RAM 3 dan 4 GB tersematkan fitur Game Space. Fitur dari aplikasi ini adalah membuat pintasan aplikasi untuk bisa dibuka dalam mode Floating Windows. Artinya tidak hanya game untuk dimasukkan kesana. Kita manfaatkan Mode Permainan atau Game Space ini untuk aktifkan jendela mengambang Infinix. Caranya:

  • Buka akses cepat, usap layar dari atas ketengah
  • Geser ke kiri, temukan Mode Permainan (ikon berbentuk Stick PS) lalu klik saja atau tekan tahan
  • Pilih Manajemen Permainan
  • Ketuk pada aplikasi untuk diaktifkan. Ini akan dijadikan aplikasi yang berada di bagian bawah.

Misalkan kamu memilih aplikasi Chrome, maka aplikasi ini akan dibuka dalam mode Game. Selanjutnya, ketika aplikasi terbuka bisa memunculkan pintasan aplikasi untuk kemudian ketika di klik, akan terbuka dalam bentuk jendela mengambang. Langkah lengkapnya:

  • Buka aplikasi yang sudah dimasukkan dalam manajemen Permainan Game Space Infinix
  • Usap tepi layar sebelah kiri untuk membuka menu
  • Klik aplikasi Whatsapp/Chrome untuk membukanya dalam bentuk jendela mengambang
    cara floating windows infinix

4. Cara Aktifkan Jendela Mengambang Infinix Dengan Aplikasi Tambahan

Aplikasi Taskbar bisa kamu instal dari Play Store. Aplikasi ini setelah diinstal maka dibuka, lalu mengaktifkan Taskbar di bagian atas layar. Klik juga pada Freeform Mode, aktifkan Freeform Window Support. Usap layar dari samping ketika membuka aplikasi akan mengubahnya menjadi jendela.
jendela mengambang infinix dengan aplikasi

Penutup

Itulah beberapa cara untuk aktifkan jendela mengambang Infinix. Gunakan fitur android ini untuk melakukan beberapa hal dalam satu layar. Cara paling bawah, bisa kamu terapkan untuk ponsel Infinix yang memang tidak mendukung fitur tersebut. Kalau memang pas dipake Lag atau bikin Hang, mending gak usah aja. Karena Floating Windows membutuhkan sumber daya ponsel yang cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *