Cara Aktifkan Gestur Layar Penuh Di Infinix

  • 2 min read
  • Sep 27, 2021
aktifkan gestur layar penuh di infinix

Droidinside berbagi cara aktifkan gestur layar penuh di Infinix. Ini merupakan fitur di semua ponsel Android yang bakal membuat tampilan lebih kekinian. Yaitu menyembunyikan tombol navigasi di bagian bawah layar, sehingga ponsel dikendalikan menggunakan gesture atau gerakan tertentu.

Mode layar penuh dengan menghilangkan tombol navigasi juga akan membuat ponsel Infinix kamu lebih lebar. Kamu bisa membaca lebih banyak tulisan pada layar. Karena tempat untuk navigasi berupa tombol kembali, Home dan Recent Apps disembunyikan. Tampilan akan diperlebar ke bawah bertambah space sebesar tombol navigasi yang lumayan beberapa pixel. Lalu bagaimana cara aktifkan gestur layar penuh di Infinix?

Cara Aktifkan Gestur Layar Penuh Di Infinix

Gestur layar penuh hadir sejak Android 10, secara umum ponsel yang telah lahir atau mendapatkan pembaruan ke versi tersebut bisa mengaktifkannya. Meskipun sudah disempurnakan pada sistem operasi Android 10, sebenarnya pada Android Pie (9) fitur ini sudah hadir menghiasi beberapa merek ponsel, termasuk Infinix.

Ponsel Infinix yang keluar tahun 2019 keatas dapat menggunakan fitur gestur layar penuh yang menyembunyikan tombol navigasi. Biasanya tombol kembali sudah menyatu di dalam layar, bukan lagi terpisah atau berbentuk fisik seperti ponsel jadul.

Untuk model ponsel Infinix dengan Android 9 (Pie) seperti Infinix Hot 8, menyembunyikan tombol navigasi tersebut dengan cara:

  • Buka Pengaturan (dari menu utama)
  • Pilih Navigasi Sistem
  • Pilih Navigasi Gerakan
  • Tekan Navigasi Gerakan menjadi aktif
  • Secara otomatis tombol navigasi ponsel akan disembunyikan, dan cara menggunakan ponsel untuk kembali, home dan lainnya menggunakan gestur yang akan dijelaskan di bagian bawah artikel
    mengaktifkan mode layar penuh hp infinix

Sedikit berbeda pada Android 10 layaknya model Hot 10S, cara aktifkan gestur layar penuh di Infinix tersebut adalah:

  • Buka Pengaturan (Settings)
  • Sistem (System)
  • Navigasi Sistem (System Navigation)
  • Ketuk Navigasi Gerakan (paling atas)/Gesture Navigation
  • Tombol navigasi kembali, Home, Recent Apps akan disembunyikan

Secara umum dua cara tersebut bisa kamu terapkan untuk ponsel dengan sistem operasi yang sesuai. Jika kamu belum menemukannya, buka Pengaturan (yang juga bisa diakses dengan usap layar dari atas ke tengah lalu tekan ikon Gear) – Ketuk Cari Pengaturan – Ketikkan Navigasi Gerakan (atau dalam bahasa Inggris: Gesture Navigation). Klik untuk mengaktifkannya dari pengaturan.

Cara Menggunakan Navigasi Gerakan Di Infinix

Setelah kamu mengetahui cara aktifkan gestur layar penuh di Infinix selanjutnya adalah membiasakan dalam penggunaannya. Mode layar Full Gesture (Gestur penuh) ini menggunakan usapan jari pada layar untuk melakukan navigasi atau berpindah dari satu menu ke menu lainnya.

Kamu tetap bisa menggunakan fungsi Kembali, Home (layar utama), dan Recent Apps (menampilkan daftar aplikasi yang sedang dibuka) meskipun tanpa tombol fisik. Yaitu menggunakan gerakan yang dijelaskan dibawah ini:

  • Kembali: Usap layar sedikit dari samping layar ke arah dalam (bagian samping kanan layar usap ke kiri, bagian kiri layar usap ke kanan)
  • Home: Usap layar dari bawah ke atas sampai layar utama tertampil
  • Recent Apps: Usap layar dari bawah kebagian tengah layar, hingga muncul daftar aplikasi yang terbuka

Penutup

Itulah cara aktifkan gestur layar penuh di Infinix beserta tata cara penggunaannya. Kamu mungkin perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan jika mengaktifkan mode layar penuh tanpa tombol navigasi ini.

Kelebihannya secara umum kamu bisa mendapatkan layar yang lebih luas dari biasanya karena hilangnya tombol. Layar akan kelihatan lapang saat kamu mengaktifkan fitur Split Screen di ponsel Infinix tersebut. Karena ada tambahan ruang yang sebelumnya tergantikan tombol navigasi.

Kekurangannya, sebagian aplikasi belum mendukung navigasi gestur layar penuh. Sehingga terjadi lag saat membuka atau scroll pada sebuah aplikasi. Belum lagi jika fitur ini diaktifkan di Android 9, karena belum disempurnakan menggunakan gestur ini membuat aplikasi terkesan tidak nyaman digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *