Cara Mudah Aktifkan Biometrik Google Autofill (Sidik Jari & Wajah) | Droidinside

Cara Mudah Aktifkan Biometrik Google Autofill (Sidik Jari & Wajah)

  • 2 min read
  • Okt 29, 2020
aktifkan biometrik google

Dengan aktifkan biometrik Google, kamu dapat memasukkan isian data pribadi termasuk kata sandi secara otomatis tanpa harus mengetik lagi dan mengingat-ingat. Fitur Autofill ini akan sangat membantu kamu apabila mempunyai banyak akun untuk berbagai hal dengan kata sandi yang bervariasi dan kamu butuh keamanan untuk ini.

Fitur Isian Otomatis Biometrik Google

Autofill atau isian otomatis Biometrik Google merupakan sebuah fitur yang berhubungan dengan data pribadi. Biometrik yang dimaksud adalah data sidik jari, pengenalan wajah, dan pemindai retina/Irish. Google akan membantu kamu menyimpan data pribadi ini dan secara otomatis memasukkan data ini jika diperlukan dan juga sebagai keamanan.

Selain itu kamu dapat melakukan isian otomatis data pribadi seperti kata sandi, alamat rumah, nomor telepon, dan lainnya jika kamu aktifkan Biometrik Google ini. Sebelumnya, fitur Google ini sudah dapat menyimpan akun untuk suatu website atau platform yang membutuhkan Log In atau masuk. Dengan ditambah fitur ini, kemudahan akan lebih jauh bisa kamu dapatkan.

Karena mengisi data pribadi secara berulang-ulang bikin kesel. Seperti untuk registrasi berbeda web atau platform kamu harus capek ngetik lagi. Belum lagi keamanan data dari isian otomatis ini bahaya lho. Misal, ponsel kamu dipinjam, disitu ada isian otomatis yang bisa digunakan orang tidak bertanggung jawab. Maka kamu perlu aktifkan fitur Biometrik Google. Bagaimana caranya?

Cara Aktifkan Biometrik Google Pada Isian Otomatis

Inti dari tutorial ini adalah memberikan sebuah keamanan pada isian otomatis yang tersimpan pada akun Google kamu dengan Biometrik. Saat isian otomatis seperti alamat, nomor Hp dan lainnya ditawarkan Google untuk diisi pada bidang kosong yang membutuhkan data tersebut. Fitur keamanan isian otomatis Biometrik akan diaktifkan, dengan meminta Fingerprint, Irish maupun Face Scan/Recognition.

Sehingga apabila ada orang lain yang ingin jahil dengan isian otomatis data pribadi kamu tidak akan bisa. Karena isian otomatis Biometrik akan membutuhkan data fisik tersebut yang orang lain tidak punya.

Berikut langkah aktifkan biometrik Google di Android:

  • Buka Setelan/Pengaturan
  • Masuk ke menu Bahasa & Masukan (dapat berbeda tiap ponsel android, beberapa ada di Setelan Tambahan dan ada juga di Bahasa & Kawasan)
  • Pilih Layanan Isi Otomatis (menu setelan tambahan keyboard)
  • Tekan tanda Gear pada Google
  • Pilih Keamanan isian Otomatis (autofill security)
  • Gulir untuk aktifkan Biometrik (Kredensial)
    kemanan isi otomatis google

Cara tersebut dapat dilakukan dengan syarat aplikasi Layanan Google Play pada Android kamu sudah update ke versi 20.33 keatas. Jika belum ada, segera untuk melakukan pembaruan aplikasi tersebut.

Sebelum aktifkan Biometrik Google ini, kamu juga perlu menyetel sidik jari/pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel. Tentunya ponsel kamu harus mendukung fitur ini.

Karena pembaruan ini juga belum merata, bisa dipastikan ponsel kamu belum mendapatkannya. Dapat dimungkinkan juga ponsel kamu tidak mendukung fitur ini. Karena hardware pendukung tidak disematkan atau karena sistem tidak mendapatkan pembaruan.

Penutup

Setelah mengaktifkan fitur ini, setiap akan melakukan isian otomatis biometrik, kamu akan diminta untuk melakukan masukan sidik jari/potret pengenalan wajah. Pembayaran secara otomatis/isian kata sandi tidak akan dapat dilakukan jika keamanan ini mendeteksi hal yang tidak sesuai.

Tinggalkan Komentar!