4 Kerugian Menggunakan VPN Di Android

  • 3 min read
  • Des 03, 2020
kerugian menggunakan vpn di android

Seringkali kita membuka situs yang diblokir menggunakan VPN. Dibalik kemudahannya tahukah kamu kerugian menggunakan VPN di Android ? Sejauh mana dampak yang ditimbulkan oleh Virtual Private Network ini.

Cara Kerja VPN Di Android

Sebelum mengtahui kekurangan menggunakan VPN di Android ada beberapa alasan menggunakan VPN. Untuk mendapatkan koneksi dalam berselancar di internet yang pribadi dan aman, VPN sering digunakan. Terutama oleh orang-orang yang mengerti cara menggunakannya. Untuk pengoperasiannya adalah mudah bahkan sebagian besar kalangan muda bisa menggunakan.

Cara kerja VPN sederhananya adalah melakukan enkripsi atau pengamanan data. Untuk kemudian diteruskan oleh server penyedia ke situs/web yang kamu kunjungi. Sehingga arus data dalam jaringan diatur oleh server, bukan secara langsung tanpa enkripsi.

Semisal ketika kita ingin mengakses Reddit yang diblokir pemerintah. Android untuk mengakses situs tersebut tanpa VPN akan diatur oleh server yang dimiliki oleh negara (penyedia layanan internet?. Sehingga apabila terbaca ingin mengakses situs terlarang tersebut akan terblokir. Saat kita menggunakan VPN, lorong khusus diciptakan dengan tujuan server negara yang diinginkan. Sehingga negara luar tersebut yang tidak memblokir akses Reddit alias bisa dibuka di Android kamu.

VPN merupakan cara terbaik untuk kamu mengakses internet tanpa pengawasan dari pihak pemerintah. Sampai mengatasi pemantauan penyedia jaringan internet, agar lebih pribadi/sesuai keinginan pengguna.

Secara singkat VPN mengakses tempat/negara yang cukup jauh sebagai server untuk arus data saat berinternet. Artinya ada server yang mengaturnya, apakah server ini dapat dipercaya ? Selain dari server yang dipertanyakan, apa yang menjadi kerugian menggunakan VPN di Android ?

Kerugian Menggunakan VPN Di Android

Salah satu hal positif penggunaan VPN sudah tercantum dalam penjelasan cara kerjanya. Dibalik banyak penyedia VPN yang memberikan keamanan data saat menjelajah internet, tidak sedikit kekurangan yang bisa ditimbulkan. Biasanya VPN yang digunakan banyak orang lemot saat digunakan, ini merupakan salah satu kekurangan menggunakan VPN di Android meskipun ini adalah sebuah trik.

VPN berbayar memang terlihat menjanjikan, lalu bagaimana dengan VPN gratisan yang banyak digunakan orang-orang kita ? Berikut beberapa kerugian menggunakan VPN di Android:

1. Enkripsi Data Yang Jelek

Merupakan kekurangan menggunakan VPN di android yang paling bisa dilogika. Karena banyak penyedia jaringan privat ini bersifat gratisan, maka bisa dipastikan akan menggunakan pengamanan/enkripsi yang kurang bagus. Karena penggunaan enkripsi tersebut akan memakan biaya yang tidak sedikit. Banyak literatur mengatakan untuk menghindari penggunaan VPN gratisan.

Menggunakan VPN berbayar, dapat mengurangi enkripsi yang jelek. Bahkan perlu dicurigai yang berbayar mungkin saja masih lemah dalam hal enkripsi. Sehingga kamu perlu berhati-hati dalam hal ini.

2. Infeksi Virus/Malware

Saat kamu mengunduh VPN client yang diinstal di android. Malware dapat disuntikkan ke aplikasi tersebut dan mulai membayang-bayangi kegiatan berselancar kamu. Karena ketika VPN digunakan di Android, secara otomatis keseluruhan kegiatan akan melewati lorong dari penyedianya. Jika kamu kurang beruntung, mungkin arus ini bisa disisipi virus yang dapat merugikan data yang ada di android kamu, inilah kerugian menggunakan VPN di Android.

Dibuktikan pada beberapa tahun yang lalu banyak aplikasi VPN di Play Store yang berisi malware berbahaya terdeteksi. Yang paling parah adalah sejenis virus ransomware menyerang pengguna. Pengguna diharuskan membayar agar datanya dapat kembali.

3. Keamanan Data Pribadi Dan Privasi Terancam

Keamanan lemah dibuktikan dari kegagalan VPN memaksa permintaan untuk membuat lorong khusus untuk arus data. Lorong khusus yang gagal terbentuk artinya sama saja menggunakan arus dari penyedia layanan internet secara default. Kegagalan ini menyebabkan bocornya data pribadi seperti riwayat penelusuran ke ISP. Karena kerugian menggunakan VPN di Android inilah sebab situs yang diblokir lama kelamaan kalau diakses dengan VPN akan tetap terblokir karena penelusuran yang terlacak/terdeteksi.

Cukup banyak aplikasi VPN yang mencuri data penyebab data pribadi bocor sebagai buah kerugian menggunakan VPN di Android. Seperti halnya, aplikasi VPN yang meminta akses yang tidak perlu. Seperti ijin mengakses GPS, kamera, status telepon, dan mengakses SMS secara diam-diam. Lalu apakah fungsi sebuah aplikasi VPN meminta akses tersebut ? Tidak lain dan tidak bukan adalah menginginkan data dari pengguna. Data ini dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terkait keamanan, kebijakan Login/masuk pada sebuah situs merupakan sebuah kerugian menggunakan VPN di Android. Jika kamu masuk pada sebuah situs, pihak lain tersebut masih dapat mengetahui segala aktivitasmu di internet (pada situs tertuju). VPN tidak benar-benar dapat melindungi kamu secara aman.

4. Tidak Ada Keamanan Ekstra

Meskipun kamu menggunakan VPN dengan enkripsi yang bagus ada 3 hal yang belum dapat ditanggulangi oleh VPN. DNS leak protection secara simpel DNS akan terekspos alias masih dapat dilihat, sehingga berselancar dengan privat hampir seperti bualan belaka. Internet kill switches, jika koneksi VPN sedang jelek/down proses menjelajah akan terhenti sampai koneksi baik kembali (tidak dapat dilakukan oleh kebanyakan VPN, karena pas down sangat berbahaya terkait keamanan data). Dan Application-level Kill Switches untuk mengontrol aplikasi mana saja yang tidak perlu ikut menggunakan VPN (seluruh aplikasi saat mengakses internet akan terhubung ke VPN jika diaktifkan).

Penutup

Setelah kamu mengetahui kekurangan menggunakan VPN di Android, kamu perlu berpikir kembali untuk menggunakan VPN. Situs yang diblokir dan pelacakan saat berinternet oleh pemerintah/penyedia internet, sebenarnya adalah tujuan yang baik untuk pengguna.

Namun apabila kamu menginginkan privasi tingkat tinggi saat berselancar di internet ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kekurangan menggunakan VPN di Android:

  • Zero Log Policy. Jangan pernah Login sebuah situs ketika menggunakan VPN. Untuk privasi data yang lebih baik. Apabila menginginkan masuk sebuah situs, lepas dulu koneksi dengan VPN.
  • VPN Berbayar. Sudah saatnya memikirkan keamanan data dan privasi dengan yang berbayar agar lebih nyaman
  • Memilih VPN dengan keamanan lengkap

Semoga informasi kerugian menggunakan VPN di Android diatas nggak bikin kamu pusing memahami dan bermanfaat tentunya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *