4 Aplikasi IDM Untuk Android

  • 3 min read
  • Jan 26, 2021
aplikasi idm untuk android

Untuk mengunduh sebuah file lebih cepat kamu membutuhkan aplikasi IDM untuk android. IDM atau yang biasa disebut dengan Internet Download Manager, sebuah aplikasi manajer unduhan. Perangkat lunak yang melakukan pengaturan kapan saja file didownload dan disusun sedemikian rupa sesuai keinginan pengguna.

Selain mengatur jalannya urutan unduhan file, aplikasi yang biasa disebut IDM ini bekerja dengan baik pada proses unduhan. Aplikasi akan mempercepat proses unduhan file kamu. Menggunakan berbagai sumber server yang tersedia untuk mendownloadnya. Biasanya aplikasi browser seperti Chrome menggunakan satu atau beberapa server saja saat unduhan berlangsung. Terlihat di komputer saja misalnya, IDM menggunakan sampai 8 (bahkan lebih) sumber server pada file sehingga membuat file lebih cepat terunduh.

Jika kamu menggunakan sejenis aplikasi IDM untuk android, bisa dipastikan proses unduhan akan lebih cepat seperti pada komputer. Tidak hanya proses transfer file dari server yang lebih cepat, aplikasi ini akan menghindarkan kamu dari kesalahan saat mengunduh seperti berhenti atau file hasil download yang korup.

Aplikasi IDM Untuk Android

Cara kerja aplikasi manajer unduhan untuk android ini cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan Copy Paste Link/URL file yang diunduh dari browser. Pastinya bukan halaman web yang diunduh, namun link file unduhan yang biasanya diakhiri dengan nama ekstensi file. Diakhir URL, terdapat teks yang menunjukkan jenis file yang diunduh. Link ini kemudian bisa kamu salin pada aplikasi IDM untuk android dan lakukan pengunduhan.

Aplikasi-aplikasi dibawah ini tersedia secara gratis bisa kamu temukan di Play Store. Cukup dengan melakukan pencarian sesuai nama aplikasi. Tentunya sudah menjadi konsekuensi ya, karena gratis pasti ada iklannya. Adapun beberapa aplikasi bisa dibeli untuk menghilangkan iklan.

1. Turbo Download Manager

Seperti layaknya aplikasi manajer unduhan, dapat meningkatkan kecepatan download. Aplikasi ini mendukung untuk melakukan unduhan sampai 10 server(threads) dan dapat langsung dipindahkan ke kartu memori (Lollipop keatas). Kelemahan aplikasi ini adalah tidak mendukung pengunduhan video dari Youtube dan yang masuk Term layanan Google. Beberapa kasus aplikasi ini tidak dapat mengunduh dari server Mediafire. Mendukung pada beberapa aplikasi browser seperti Chrome, UC Browser, Miren, Boat dengan melakukan tekan dan tahan pada link yang ada. Terdapat perintah untuk melakukan berbagi link, untuk kemudian di handle oleh aplikasi ini.

2. Advanced Download Manager

Aplikasi IDM untuk android yang satu ini mendukung sampai 9 threads. Selain untuk melakukan unduhan dengan cepat maksimal 3 file, aplikasi ini dapat memainkan video dengan layar penuh pada mode landscape. Terdapat fitur widget layar utama. Aplikasi terintegrasi dengan file mp4 di halaman web sehingga dapat langsung melakukan unduhan. Kelemahan aplikasi ini terkadang performanya yang terkadang tidak dapat diandalkan dalam mengunduh file (beberapa user mengalami eror tidak bisa mengunduh, lemot dan lain sebagainya)

3. Download All Files – Download Manager

Aplikasi ini memberikan aturan tidak dapat melakukan pengunduhan file video atau musik dari Youtube. Fitur untuk melakukan pause dan melanjutkan unduhan yang terputus lengkap layaknya manajer unduhan biasanya. Mendukung juga berbagai file tidak hanya media, namun aplikasi dan lain sebagainnya.

4. Loader Droid Manager

Tampilan dark ditambahkan memanjakan penglihatan pengguna saat menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dapat diatur pada setiap file disesuaikan kecepatan koneksinya (apakah menggunakan Wifi, 3G, atau 4G). Aplikasi IDM untuk android yang satu ini mengatasi masalah unduhan yang dialami beberapa Browser android. Seperti tidak dapat mengunduh video, apk, zip dan lainnya.

Penutup

Entah secepat apa aplikasi manajer unduhan yang disebutkan diatas, masih tetap terbatas karena 2 hal. Satu dipengaruhi penyedia jasa layanan internet (ISP) kamu. Dan dua oleh server penyedia file yang kamu unduh. Apabila salah satu dari keduanya lemot, maka proses download pasti lambat juga.

Keseluruhan aplikasi manajer pengunduhan juga support untuk pause dan melanjutkan unduhan file kembali. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh server file yang digunakan. Jika tidak mendukung resume, maka file tidak dapat diunduh atau bakalan diulang dari awal. Berbagai server unduhan juga dapat mendeteksi pengunduhan yang dilakukan melalui manajer/aplikasi pihak ketiga. Server bisa saja menutup akses unduhan, sehingga kamu perlu mengetahui tidak semua server support unduhan melalui aplikasi IDM untuk android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *