3 Aplikasi Online Meeting Dan Kekurangannya | Droidinside

3 Aplikasi Online Meeting dan Kekurangannya

  • 3 min read
  • Apr 10, 2020
aplikasi online meeting

Aplikasi online meeting yang pernah admin droidinside gunakan memiliki banyak sisi dalam penggunaanya. 3 aplikasi online meeting ini diantaranya adalah Zoom, Microsoft Teams, dan Cisco Webex. Apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi meeting ini ?

Aplikasi Meeting Online

Aplikasi online meeting dewasa ini sangat diperlukan di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh dampak pandemi yang terjadi  tersebar seantero benua. Ketika bertatap muka secara langsung dalam ruangan dan dihadiri oleh orang banyak tidak dapat dilakukan, maka alternatif penggunaan media online akan sangat membantu.

Online Meeting atau rapat dalam jaringan adalah pertemuan yang dilakukan dari internet. Peserta rapat diharuskan melakukan log in dalam sebuah web atau aplikasi yang didalamnya terdapat live chat, mengajukan pertanyaan dan saling berbagi bahan bacaan.

Rapat dalam jaringan tidak hanya dilakukan untuk kegiatan rapat dimana semua orang dapat berpartisipasi, mendengarkan dan berbagi hal. Kuliah bisa dalam jaringan, meskipun metode kuliah hanya tatap muka 1 arah. Selain itu, pelatihan pada jaman milenial ini sudah sangat biasa dilakukan secara online.

3 Aplikasi Online Meeting dan kekurangannya

  1. Zoom
    aplikasi zoom
    Kekurangan Zoom meeting Sejauh admin menggunakan aplikasi zoom, admin mengalami masalah pada kualitas video dan audio yang kurang bagus. Kalian hanya diperbolehkan membuat konferensi selama 40 menit jika menggunakan akun gratis. Keamanan yang dimiliki juga kurang bagus karena koneksi yang digunakan tidak terenkripsi. Meskipun begitu, namun aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu dapat digunakan pada koneksi yang kurang bagus dan suara yang dihasilkan keras. Aplikasi ini dapat digunakan sampai 100 orang pengguna dalam satu pertemuan.
  2. Microsoft Teams
    aplikasi video conference

    Kekurangan pada aplikasi pertemuan teams adalah kalian harus memiliki koneksi yang prima atau bagus untuk menggunakan aplikasi ini. Jika koneksi tidak terlalu baik, maka seorang yang sedang menjelaskan sesuatu tidak akan jelas sedikitpun dan akan menimbulkan suara-suara yang tidak enak didengar. Penggunaan bandwith aplikasi teams lebih besar dibandingkan dengan aplikasi rapat daring lainnya. Sehingga kalian perlu kuota lebih juga untuk pendayagunaan aplikasi ini. Aplikasi Microsoft teams berbayar, karena terhubung dengan Office 365, bagi pencari gratisan maka nggak bisa deh untuk pakai aplikasi ini. Jika dilihat kelebihannya, Teams mampu digunakan 250 pengguna dalam sebuah rapat, namun aplikasi ini cukup ribet jika digunakan sama mahasiswa kuliahan yang harus ribet membuat akun Microsoft biar bisa login dulu untuk pakai aplikasi ini.
  3. Cisco Webex
    Aplikasi yang dapat menampung 200 partisipan dalam sebuah pertemuan ini digunakan juga untuk pelatihan berbasis dalam jaringan. Kalian perlu tahu bahwa aplikasi konferensi ini memiliki kekurangan utama yaitu pada suara yang dihasilkan kurang keras. Meskipun jelas, volume sudah full, suara yang dihasilkan webex cukup kecil. Meskipun begitu, aplikasi ini layaknya zoom yang dapat berjalan mulus pada koneksi yang kurang bagus.Tidak seperti zoom yang memiliki keamanan yang tidak maksimal, Cisco Webex dapat kalian percaya dalam segi keamanannya. Bagi pencari gratisan, 40 menit bisa kalian pakai dengan jumlah peserta sampai 50 orang.

3 Aplikasi konferensi online yang admin jelaskan diatas juga bisa kalian pakai. Bahkan 3 aplikasi diatas dapat admin rekomendasikan untuk kalian. Karena dari yang gratis sampai yang berbayar dijelaskan oleh admin. Tentunya untuk kalian yang ingin menggunakan aplikasi Online Meeting yang telah admin deskripsikan diatas perlu dilihat apakah sesuai dengan keadaan.

Untuk kalian yang nggak mau ribet dan untuk anak kuliahan cocok menggunakan webex dan zoom. Kalian yang membutuhkan rapat dalam jaringan dengan kualitas tinggi, kalian perlu mencoba microsoft team.

Perlu diketahui, agar video conference dapat berjalan dengan lancar, kalian perlu memastikan koneksi internet bagus. Keseluruhan peserta diwajibkan memiliki koneksi internet yang bagus. Jika menjadi pembicara dengan koneksi yang buruk maka akan berdampak pada semua audien yang mendengarkan. Hal ini juga akan mempengaruhi suara dan video yang keluar jika kalian sebagai audien yang mendengarkan saja. Suara dan video akan jelek padahal pembicara memiliki koneksi yang baik.

Sekian beberapa ulasan dari admin, semoga bermanfaat untuk kalian yang lagi butuh aplikasi online meeting saat kondisi yang tidak memungkinkan untuk saling bertemu.

Post Terkait :

Tinggalkan Komentar!