2 Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa Mudah | Droidinside

2 Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa Mudah

  • 3 min read
  • Okt 26, 2020
cara membuka pola hp yang lupa

Cara membuka pola hp yang lupa dapat dilakukan dengan mudah. Tapi ada syaratnya, apa saja? simak penjelasannya.

Penggunaan keamanan pada smartphone merupakan hal yang penting untuk dilakukan yang pastinya bertujuan untuk mengamankan ponsel dari hal-hal yang mungkin tidak diinginkan. Namun terkadang keamanan yang diterapkan untuk mengamankan hp dari pihak yang tidak bertanggung jawab namun malah menjadi bumerang bagi pemilik hp itu sendiri.

Banyak pengguna yang terkadang lupa dengan sandi keamanan yang mereka gunakan pada hp mereka, alhasil mereka tidak bisa mengakses hp tersebut karena terkunci dengan keamanan yang mereka gunakan. Kejadian seperti itu tentunya merupakan hal yang menyebalkan terlebih ketika kejadian seperti itu terjadi disituasi yang penting.

Cara Membuka Pola Hp Yang Lupa

Cara membuka pola hp yang lupa sebenarnya tidak masalah dan mudah untuk mengatasainya. Syaratnya kamu harus hapal akun Email dan Password Email (biasanya Gmail) tersebut yang masuk ke android terkunci. Agar cara membuka pola hp yang lupa dapat diselesaikan dengan mudah, syarat ini memang mutlak harus dilakukan.

Kamu mungkin akan membutuhkan kertas catatan khusus yang berisi akun dan kata sandi. Pastinya ribet, tapi ini akan membantu kamu mengatasi masalah lupa pola atau lupa sandi penguncian.

Bagi kamu yang menggunakan pola sebagai sandi keamanan hp kamu dan lupa dengan pola yang kamu gunakan, berikut cara membuka pola hp yang lupa bisa kamu lakukan agar bisa mengakses hp kamu kembali.

1. Menggunakan Fitur Lupa Pola

Ketika mengaktifkan keamanan pada smartphone biasanya smartphone akan memberikan pengamanan tambahan yang bisa membantu kamu ketika kamu lupa dengan sandi keamanan yang kamu gunakan.

Dengan menggunakan fitur lupa password ini maka hp kamu yang terkunci masih bisa diselamatkan, caranya yakni

  • Pada tampilan awal hp dimana kamu perlu menggambar pola yang benar untuk membuka kunci, kamu bisa menemukan pilihan emergency call dan juga forgot pattern pada bagian bawah pola
  • Pilih opsi Forgot Pattern atau lupa pola tersebut
  • Setelah itu kamu akan diarahkan untuk login menggunakan akun google yang kamu gunakan pada hp tersebut
  • Login dengan mengisi email dan password, pada tahap ini tentu kamu harus ingat email dan sandi akun kamu, jika lupa juga maka cara ini tidak bisa digunakan untuk membuka hp kamu.
    buka lupa pola android dengan email
  • Setelah login, kamu akan dibawa ke jendela baru yang berisikan pilihan untuk mengubah pola, sandi, atau PIN yang kamu gunakan untuk mengamankan hp
  • Buat pola baru yang harus kamu ingat, atau kamu juga bisa menonaktifkan keamanan pola
  • Dengan begitu maka kamu bisa kembali mengakses hp kamu

2. Menggunakan Android Device Manager/ Find My Device

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengakses hp kamu yang terkunci akibat lupa pola keamanan yang kamu gunakan yakni dengan menggunakan Android Device Manager.

  • Kamu memerlukan laptop atau komputer untuk melakukan proses ini
  • Pada komputer atau laptop kamu, kunjungi situs Android Device Manager (https://www.google.com/android/find?u=0) , nantinya kamu akan diminta untuk login menggunakan akun google, pastikan kamu login menggunakan akun yang kamu gunakan pada hp
  • Setelah proses login berhasil, kamu akan mendapati halaman berupa peta yang memuat lokasi hp kamu saat ini
  • Pada halaman tersebut kamu bisa melihat terdapat tiga pilihan yang bisa kamu pilih yakni Play Sound, Secure Device, dan Erase Device
  • Pilih pengaturan Erase Device, lalu klik Erase Device
    atasi lupa pola android dengan find my device
  • Ponsel akan direstart ulang dan pola akan hilang serta seluruh data dalam penyimpanan internal ponsel akan dihapus menjadi seperti baru lagi.
  • Setelah hidup, nanti akan diminta untuk memasukkan akun email google dan password kamu lagi.

Penutup

Untuk cara membuka pola hp yang lupa, sebelumnya pada Find My Device terdapat pilihan Lock. Yang nantinya kamu akan dibawa ke halaman baru yang meminta kamu untuk membuat sandi atau pola baru yang nantinya dapat digunakan untuk membuka hp. Kemudian bisa buat sandi atau pola baru pada halaman tersebut, dan setelah selesai maka kamu bisa menggunakan sandi atau pola yang baru saja kamu buat untuk membuka hp kamu. Namun cara ini sudah tidak dapat diterapkan lagi, karena regulasi google yang berbeda.

Itulah cara membuka pola hp yang lupa dengan mudah beserta syarat yang harus dipenuhi.

Tinggalkan Komentar!