Mengubah Ukuran Font Chrome Android Mudah

  • 2 min read
  • Des 16, 2020
mengubah ukuran font chrome android

Biasanya generasi yang sudah tidak muda mengalami masalah dalam pembacaan tulisan di Google Chrome. Untuk itu, mengubah ukuran font Chrome android dapat mengatasi tulisan yang kekecilan atau tidak terbaca.

Aksesibilitas kepada pengguna yang cukup baik merupakan salah satu fungsi ponsel pintar. Salah satunya adalah dengan adanya pengaturan untuk mengubah ukuran tulisan. Besarnya tulisan dapat diubah pada pengaturan ponsel masing-masing.

Biasanya ketika ukuran font sistem ponsel sudah diubah, kamu akan mendapati semua tampilan tulisan pada layar akan berubah menjadi lebih besar atau lebih kecil sesuai keinginan. Bahkan setelan ukuran tulisan bisa sampai membuat aplikasi yang terinstal berubah juga fontnya. Seperti pada aplikasi Whatsapp yang menyesuaikan ukuran tulisan di dalamnya dengan sistem.

Banyak aplikasi mungkin ikut terdampak dengan pengubahan ukuran tulisan sesuai dengan sistem. Begitu juga dengan aplikasi browser pada android yaitu Google Chrome. Aplikasi ini akan menyesuaikan besarnya font yang digunakan pada sistem.

Sebenarnya ini tidak diinginkan oleh beberapa pengguna. Karena apabila ukuran font terlalu besar pada browser, maka ada bagian konten yang tidak dapat muncul. Untuk itu diperlukan cara mengubah ukuran font Chrome android.

Cara Mengubah Ukuran Font Chrome Android

Ukuran font pada pengaturan android biasanya sudah sesuai dengan keinginan penggunanya. Besarnya pasti tidak terlalu untuk kalangan muda. Namun apabila menginginkan tampilan tulisan yang lebih besar/kecil pada Chrome langkahnya:

  • Buka aplikasi Chrome android
  • Klik 3 titik pojok kanan atas
  • Pilih setelan
  • Pilih aksesibilitas
  • Pada Ukuran Teks geser sesuai keinginan
    membesarkan teks chrome android

Dibawah setelan untuk mengubah ukuran font Chrome android terdapat tulisan “geser ukuran teks….” yang menunjukkan seberapa besar tulisan akan ditampilkan. Ubah sesuai dengan keinginan kamu.

Sebagai tambahan informasi, ukuran teks awalnya akan 100%. Geser ke kanan untuk memperbesar dan sebaliknya. Ukuran ini akan disesuaikan dengan kondisi ukuran teks sistem saat ini. 100% adalah default atau ukuran bawaan sama dengan pada pengaturan android.

Karena sesuai dengan sistem, apabila kamu mengubah ukuran font sistem android maka Chrome akan menyesuaikan. Artinya berapapun kamu mengubah ukuran font chrome android sebelumnya, kemudian ukuran font pada sistem diubah. Chrome akan mengembalikan besarnya ukuran teks sesuai dengan sistem. Sehingga setelan font pada aplikasi Chrome sangat bergantung pada sistem. Jadi perlu diketahui bahwa setelan pada sistem jangan diubah-ubah agar Chrome tidak ikut beralih juga.

Sisi baiknya adalah ukuran font Chrome tidak akan jauh-jauh seukuran sistem. Sehingga tanpa harus mengotak atik lagi sejak kamu membuka ponsel dari luar lalu masuk ke aplikasi Chrome font akan sama besarnya. Namun kelemahannya adalah perlu merubah ukuran font Chrome android lagi jika besarnya tulisan tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Penutup

Merubah ukuran font Chrome android simpelnya menyesuaikan besarnya teks sistem. Setelan ini akan tetap bahkan ketika ponsel dimatikan. Barulah ketika kamu menghapus data aplikasi Chrome, maka setelan akan kembali seperti semula dan tetap mengikuti sistem.

Hal ini juga berlaku juga pada Chrome di komputer. Untuk mengubah ukuran font pada Chrome komputer malah lebih simpel. Saat kamu membuka aplikasi browser ini, pastikan kamu menggunakan Mouse. Tekan dan tahan CTRL lalu Scroll Mouse ke atas 1x untuk memperbesar halam 10%. Sebaliknya untuk Scroll kebawah menurunkannya 10% dari ukuran sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *