Tips Memperbaiki Hp Yang Tidak Ada Suara

  • Droidinside
  • Jan 31, 2022

Bagaimana cara memperbaiki hp yang tidak ada suara? Dengan bantuan tips software dan hardware dari Droidinside. Kamu mungkin mengetahui gejala kerusakan sebelum dibawa ke tempat servis. Pastinya sangat gak asyik ketika kita ingin mendengarkan lagu, tapi hp tidak ada suaranya.

Belum lagi pas kita butuh notifikasi dari hp, seperti ada pesan masuk atau panggilan masuk. Kenapa hp tiba-tiba tidak ada suara, membuat notifikasi tersebut tidak ketahui. Jadi kelewatan kalau ada pesan atau panggilan kan. Lalu apa saja penyebab hp android yang tidak keluar suaranya tersebut? Droidinside akan mengulasnya sekaligus solusi cara memperbaiki hp yang tidak ada suara yang bisa kamu coba.

Penyebab Hp Tidak Ada Suaranya

Sebelum mengetahui langkah memperbaiki hp yang tidak ada suara. Kamu perlu tahu dahulu beberapa penyebab mengapa hal ini terjadi. Ketika mengetahui penyebabnya, kamu bisa langsung memilih solusi yang paling tepat. berikut ini beberapa penyebab tersebut:

Mode Hening/ Jangan Ganggu Hidup

Tidak sengaja terpencet, mode hening dan jangan ganggu bisa menghilangkan notifikasi suara. Seperti saat menyetel Youtube, notifikasi pesan maupun panggilan. Biasanya getar akan aktif saat mode hening dihidupkan. Kalau mode jangan ganggu hidup, bahkan ponsel tidak bersuara ketika menerima panggilan, pesan diikuti layar yang masih mati. Hanya alarm yang diizinkan untuk bisa berdering saja.

Sistem Membaca Ponsel Dalam Mode Headset

Ketika headset atau perangkat jack audio dicolokkan ke ponsel. Ponsel akan mengubah output atau keluaran suara menjadi di headset. Jika ada kesalahan sistem, dimana headset sudah kita lepas namun suara masih belum keluar. Diikuti tanda headset yang tidak segera hilang, artinya ada masalah dengan sistem.

Mode Bluetooth Aktif Terbaca Oleh Sistem

Seperti halnya saat menggunakan headset, ketika ponsel masih terhubung dengan perangkat bluetooth. Suara bisa saja tidak muncul karena semua suara tersalurkan ke perangkat speaker bluetooth. Meskipun sudah dimatikan, namun pada beberapa kasus hal ini masih terjadi.

Kerusakan Perangkat Keras/ Hardware

IC Audio bisa rusak karena ponsel dicoloki jack dari speaker besar. Ini akan menyebabkan ponsel selalu berada pada mode headset. Ketika jack headset kemasukan air, ponsel juga bisa error dan hanya keluar suara dari headset. Sedangkan perangkat speaker android juga bisa rusak karena kemasukan pasir terlalu banyak dan memang terlalu sering dipakai untuk volume sangat besar. Awalnya suara cempreng, mengecil lalu suara hilang.

Dari beberapa penyebab diatas telah diketahui, lalu bagaimana cara mengatasi hp yang tidak ada suara? Solusinya dari Droidinside dibawah ini.

Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Ada Suara

Beberapa langkah dibawah ini bisa kamu coba. Sebagian membutuhkan software dan selain itu hardware. Jangan langsung mengarah ke kerusakan komponen. Berikut ini solusi tersebut:

1. Hidupkan Ulang/ Restart Ponsel

Satu yang simpel namun gak dilupakan orang. Mengembalikan suara ponsel yang hilang dengan mematikan lalu menghidupkan lagi ponsel. Ini akan mengatasi sistem yang mengira masih terhubung ke headset dan bluetooth. Setelah dihidupkan kembali, suara pasti akan dikembalikan ke speaker bawaan ponsel.

2. Mematikan Mode Hening/ Jangan Ganggu

Cukup mudah untuk memperbaiki hp yang tidak ada suara, pastikan tidak ada ikon suara mati/bulan sabit dibagian atas layar hp. Keduanya merupakan tanda bahwa mode tersebut hidup. Usap layar dari ujung atas ke tengah, tekan tombol hening/senyap dan jangan ganggu (do not disturb). Jika tidak ada masalah di hardware cara ini bisa berhasil.

3. Menggunakan Aplikasi Lesser Audio

Cara memperbaiki hp yang tidak ada suara nya tetapi pake headset ada suaranya yaitu dengan mengubah output suara menjadi speaker. Ini sering terjadi pada ponsel yang dicolok jack audio (seperti Xiaomi). Ditandai dengan logo headset yang tidak hilang meskipun hp sudah direstart. Langkah memperbaikinya yaitu:

  • Buka Play Store, cari dan instal aplikasi: Lesser AudioSwitch
  • Pilih menu Speaker
  • Output suara akan berubah ke speaker bawaan
  • Cobalah untuk menghidupkan suara ponsel, cek apakah cara ini telah berhasil
kenapa hp tidak ada suaranya tetapi pakai headset ada suaranya droidinside

4. Dipancing Dengan Headset

Dengan mencolokkan lalu melepaskan lagi secara perlahan-lahan. Ini merupakan cara alternatif menggunakan hardware headset. Kegiatan ini memancing sistem bahwa headset telah terlepas dan suara berganti ke speaker.

5. Membersihkan Audio

Kamu bisa menggunakan aplikasi dengan kata kunci “Speaker Cleaner” yang diinstal dari Play Store untuk Oppo, Vivo, Samsung, Realme, Infinix, Asus dan sejenisnya, sedangkan untuk Xiaomi ada sendiri. Aktifkan pembersih suara untuk menghilangkan kotoran fisik.

Selanjutnya jika diperkirakan jack kotor dan membuat ponsel berada pada mode headset. Memperbaiki hp yang tidak ada suara bisa dengan membersihkan jack audio dengan cotton bud.

6. Bawa Ke Tempat Servis Ponsel

Jika ponsel masih garansi, bawa aja ke servis resmi. Atau ke tempat service ponsel android terpercaya di kota kamu. Karena kerusakan perangkat audio, bisa jadi hal yang akan diganti diantaranya:

  • IC Audio
  • Speaker aktif
  • Papan tempat Jack dan Speaker

Harga servis bervariasi, mulai dengan Rp 50.000 sampai Rp 150.000 bergantung kerusakan yang dialami. Jika berbagai cara memperbaiki hp yang tidak ada suara diatas sudah kamu coba namun tidak berhasil, ya jalan terakhir adalah membawa ke tempat servis saja daripada ribet mengganti sendiri komponen diatas.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.