Tips Cara Mengunci Hotspot Xiaomi

  • 3 min read
  • Feb 10, 2021
cara mengunci hotspot xiaomi

Mengetahui cara mengunci Hotspot Xiaomi mungkin cukup penting buat kamu. Karena beberapa sampai banyak pengguna mengeluhkan ponsel Xiaomi mereka terdapat pengaturan pada Hotspot yang kurang. Pengaturan yang sebelumnya ada, lalu menjadi tidak ada inilah yang menjadi masalah pada penguncian maupun manajerial penambatan internet.

[lwptoc]

Hotspot Xiaomi Tidak Dapat Dikunci

Istilah ini sebenarnya mengacu pada saat ponsel Xiaomi dihidupkan Hotspotnya. Kamu nggak bisa mengatur berapa jumlah perangkat yang terhubung. Kamu juga tidak dapat melakukan Block pada perangkat yang terhubung Hotspot Xiaomi. Hal ini menjadi salah satu masalah yang berhubungan dengan privasi dan keamanan jaringan sehingga perlu cara mengunci Hotspot Xiaomi.

Melakukan pemblokiran pada perangkat yang terhubung biasanya karena perangkat tersebut bikin habis kuota. Atau karena suatu perangkat selalu menggunakan keseluruhan bandwith koneksi internet kamu. Pada beberapa kasus, kecepatan koneksi internet ponsel yang mendapat Tethering atau Hotspot biasanya lebih cepat daripada ponsel yang membagikan Hotspot. Keadaan ini mungkin banyak hal yang mendasari.

hotspot Xiaomi tidak bisa blokir

Beberapa ponsel Xiaomi bahkan sejak awal keluar tidak dapat melakukan penguncian Hotspot. Artinya siapa saja yang mengetahui password Hotspot nya bisa terhubung dan tidak dapat diblokir. Mengganti password Hotspot setiap waktu mungkin malah membuat ribet sendiri. Karena pengalaman admin yang berbagi Hotspot ke komputer/laptop, ketika diubah, maka laptop harus disesuaikan agar bisa terhubung kembali.

Beberapa kasus ponsel Xiaomi keluaran lawas juga bisa membuka akses cepat berisi tombol Hotspot. Bahkan bisa dibuka saat terkunci. Ini juga rawan terhadap pencurian kuota lewat Hotspot ponsel kamu. Lalu bagaimana tips cara mengunci Hotspot Xiaomi ?

Cara Mengunci Hotspot Xiaomi

Berikut ini ada beberapa tips dari admin dalam cara mengunci Hotspot Xiaomi. Untuk kamu yang ingin mengamankan Hotspot ponsel Xiaomi. Dari berbagai perangkat terhubung atau bisa juga disebut dengan mengunci Hotspot Xiaomi.

1. Update Software Ponsel Xiaomi

Cara mengunci Hotspot Xiaomi adalah dengan memperbarui perangkat lunak. Seperti pada kasus Xiaomi Redmi Note 9 milik admin. Pertama kali unboxing, ponsel ini mendapatkan MIUI 11 berbasis Android 10. Pada keadaan ini ponsel sama sekali tidak memiliki pengaturan untuk memberikan batasan jumlah ponsel terhubung maupun block pengguna yang terhubung. Hal ini juga terjadi pada Redmi 4X yang lahir dengan sistem operasi Marshmallow.

Barulah ketika RN9 diupdate ke MIUI 12, pengaturan untuk melakukan pemblokiran perangkat dan membatasi jumlah perangkat terhubung dalam satu waktu ada. R4X juga sama, setelah di update ke MIUI 9 dengan basis Android Nougat (7.1.2) pengaturan Hotspot lengkap tersebut muncul lagi.

Hal ini disebabkan oleh kernel maupun driver yang digunakan oleh ponsel Xiaomi pada versi software tertentu yang memang tidak kompatibel. Sehingga pengaturan yang lebih lengkap pada Hotspot tidak muncul karena tidak dapat melakukannya. Setelah di update, barulah fitur untuk manajerial Hotspot lebih lengkap.

Namun perlu diperhatikan, bahwa update software belum tentu dapat menyelesaikan masalah ini. Beberapa ponsel Xiaomi yang diperbarui perangkat lunaknya masih memiliki pengaturan Hotspot yang lengkap. Tetapi ketika di update lagi lebih baru, pengaturan Hotspot yang lengkap malah hilang lagi. Untuk itu perlu melakukan update yang tepat pada versi MIUI atau versi Android yang pas agar pengaturan ini muncul.

2. Menggunakan Tethering Bluetooth

Penambatan menggunakan bluetooth bisa menjadi cara mengunci Hotspot Xiaomi. Istilahnya bukan mengunci sih, tetapi perangkat bluetooth digunakan untuk mengatur arus data. Jika biasanya menggunakan Hotspot Wifi, cobalah menggunakan bluetooth. Karena lewat koneksi ini, kamu juga bisa berbagi koneksi internet layaknya Hotspot. Menggunakan bluetooth dapat mengganti pengaturan Hotspot yang tidak lengkap.

Sebelum berbagi koneksi dengan bluetooth, perlu melakukan penyandingan. Setelah disandingkan, barulah dapat menghidupkan tethering bluetooth untuk terkoneksi pada ponsel yang telah disandingkan/pasang. Melalui menu bluetooth ponsel Xiaomi kamu, bisa mengatur perangkat apa saja yang boleh ikut mendapatkan koneksi internet.

Setiap ponsel yang dipasang/saling mendeteksi karena sudah disandingkan dapat mendapat koneksi internet dari ponsel. Daftar perangkat yang terhubung akan muncul pada menu bluetooth. Ketika berbagi hotspot via bluetooth, perangkat yang terdapat tulisan “terhubung” berarti ikut menikmati koneksi internet kamu. Kamu langsung bisa mematikan akses internetnya, atau langsung hapus penyandingan. Atau lebih lengkapnya:

  • Hidupkan bluetooth
  • Pasangkan perangkat yang hanya boleh terhubung
  • Buka Setelan
  • Lainnya (atau diakses dari Hotspot Portabel)
  • Hidupkan Penambatan Bluetooth
  • Perangkat yang disandingkan dapat mengakses internet via bluetooth ponsel kamu
  • Buka menu Bluetooth (Setelan – Bluetooth)
  • Periksa perangkat apa saja yang Terhubung
  • Jika ingin memutuskan koneksi dengan sebuah perangkat, klik Tanda Panah Ke Kanan
  • Matikan Akses Internet
  • Atau Menghapus Penyandingan
    menggunakan tethering bluetooth di xiaomi

3. Menggunakan Batas Data Atau Tethering Via USB

Cara mengunci Hotspot Xiaomi yang selanjutnya adalah memanfaatkan fitur menu Hotspot yang ada. Biasanya hanya ada pilihan “Batas Data Satu Kali”. Tentukan batas seberapa besar data, yang ketika tercapai Hotspot akan otomatis mati. Memaksimalkan fungsi ini akan memutus semua perangkat yang terhubung termasuk teman kamu yang secara resmi kamu bagi (lainnya yang terhubung juga ikut putus).

Jika kamu berbagi koneksi internet dengan Laptop atau komputer, jangan menggunakan Hotspot Wifi jika memang kata sandi sudah diketahui orang lain. Gunakan saja penambatan USB, sehingga hanya komputer tersebut yang dapat menggunakan koneksi internet saja.

Penutup

Ketika menu penambatan Wifi ponsel Xiaomi kamu tidak lengkap, memang tidak ada cara mengunci Hotspot Xiaomi yang lain diatas. Tidak direkomendasikan untuk melakukan cara Root dan lain sebagainya. Mending di update saja atau di downgrade ke tempat servis Hp untuk mendapatkan versi MIUI atau Android di Xiaomi kamu yang menu Hotspotnya lengkap. Itupun jika memang begitu dibutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *