Jadi Ahli Desain Banner dengan Mudah: Panduan Praktis Membuat Banner Menarik dengan Canva

  • Android
  • Mar 04, 2023
tips trik canva

Desain banner yang menarik dan efektif dapat memengaruhi konversi pelanggan menjadi lebih baik. Dalam era digital saat ini, banner digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, memperkenalkan merek, atau meningkatkan penjualan. Namun, untuk sebagian orang, membuat desain banner yang menarik dan profesional bisa menjadi tugas yang sangat menantang. Kebanyakan dari kita tidak memiliki pengalaman desain grafis, dan tidak tahu harus mulai dari mana.

Untungnya, sekarang ada alat yang dapat membantu Anda membuat desain banner dengan mudah. Canva adalah platform desain grafis yang sederhana dan intuitif yang memungkinkan siapa saja, bahkan pemula sekalipun, membuat desain banner yang menarik dan profesional dengan mudah.

Canva menawarkan berbagai macam fitur dan aset yang dapat membantu Anda membuat desain banner dengan cepat dan mudah. Anda dapat memilih dari berbagai template banner, atau membuat desain Anda sendiri dari awal. Anda juga dapat mengakses ratusan font, gambar, dan ikon yang tersedia di Canva, atau mengunggah aset Anda sendiri untuk digunakan dalam desain.

Selain itu, Canva juga memiliki alat pengeditan yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat dengan mudah memodifikasi desain banner Anda untuk membuatnya terlihat sempurna. Anda dapat memodifikasi warna, mengganti teks, menambahkan gambar, dan melakukan banyak lagi dengan mudah di Canva.

Dalam hal pembuatan desain banner, Canva adalah alat yang sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman desain grafis atau tidak memiliki banyak waktu untuk belajar. Dengan Canva, Anda dapat membuat desain banner yang menarik dan profesional dalam waktu yang singkat. Canva sangat cocok untuk pemilik bisnis kecil, blogger, atau siapa saja yang ingin membuat desain banner yang menarik dan efektif tanpa perlu mempelajari desain grafis yang rumit.

Kesimpulannya, desain banner yang menarik dan efektif sangat penting untuk mempromosikan merek atau produk Anda. Namun, tidak semua orang memiliki pengalaman desain grafis atau waktu yang cukup untuk membuat desain banner yang menarik. Canva adalah platform desain grafis yang sederhana dan mudah digunakan yang dapat membantu Anda membuat desain banner dengan cepat dan mudah. Dengan Canva, Anda dapat dengan mudah membuat desain banner yang menarik dan efektif tanpa harus mempelajari desain grafis yang rumit.

Tips Membuat Desain Banner Canva

Dalam era digital saat ini, desain banner yang menarik dan efektif dapat memengaruhi konversi pelanggan menjadi lebih baik. Namun, untuk sebagian orang, membuat desain banner yang menarik dan profesional bisa menjadi tugas yang sangat menantang. Kebanyakan dari kita tidak memiliki pengalaman desain grafis, dan tidak tahu harus mulai dari mana. Di sinilah Canva hadir sebagai solusi. Canva adalah platform desain grafis yang sederhana dan intuitif yang memungkinkan siapa saja, bahkan pemula sekalipun, membuat desain banner yang menarik dan profesional dengan mudah.

Tentukan Tujuan Banner Anda

Sebelum mulai merancang desain, pastikan Anda mengetahui tujuan banner Anda. Apakah Anda ingin mempromosikan penjualan atau memperkenalkan merek Anda kepada target audiens baru? Menentukan tujuan Anda adalah langkah pertama yang penting untuk membantu memandu desain banner Anda.

Pilih Ukuran Banner yang Tepat

Ukuran banner yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa desain banner Anda terlihat profesional dan menarik. Ukuran banner yang salah dapat menyebabkan tampilan yang buruk dan tidak menarik. Pastikan untuk memilih ukuran banner yang sesuai untuk platform pemasaran Anda. Misalnya, jika Anda ingin memasang banner di situs web Anda, maka Anda perlu memilih ukuran banner yang berbeda dari jika Anda ingin memasang banner di media sosial.

ukuran maksimal canva
ukuran maksimal canva

Ukuran Maksimal Spanduk di Canva dalam ukuran centimeter adalah 201 x 87 cm. (dibulatkan) Untuk sesuai notice diatas adalah “Dimensi harus setidaknya 1.058cm dan tidak melebihi 211.664cm

Untuk Ukuran Maksimal file, di jelaskan di tanya jawab canva sendiri. Jika maksimal canva adalah 5GB atau 5 giga.

Gunakan Warna yang Tepat

Warna adalah bagian penting dari desain banner Anda. Pilih palet warna yang sesuai dengan merek Anda dan tujuan banner. Pastikan untuk menghindari penggunaan warna yang terlalu mencolok dan memilih warna yang mudah dibaca dan menarik perhatian.

pallet warna

Kamu bisa search di google dengan kata kunci pallet warna, nah disana akan banyak tersedia kombinasi warna yang bisa kamu pilih sesuka hati.

Gunakan Tipografi yang Jelas dan Mudah Dibaca

Tipografi adalah bagian penting dari desain banner. Pastikan untuk memilih jenis huruf yang sesuai dengan merek Anda dan tujuan banner. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca dan hindari penggunaan terlalu banyak jenis huruf yang berbeda.

Gunakan Gambar yang Relevan

Gambar adalah bagian penting dari desain banner. Pastikan untuk memilih gambar yang relevan dengan merek Anda dan tujuan banner. Pastikan juga bahwa gambar memiliki resolusi yang cukup tinggi dan terlihat tajam dan jelas.

Jangan Terlalu Banyak Membuat Desain yang Rumit

Membuat desain banner yang sederhana dan mudah dibaca oleh target audiens Anda adalah sangat penting. Hindari membuat desain banner yang terlalu rumit dan sulit dibaca.

Gunakan Aset Canva

Canva menyediakan banyak aset, seperti template, gambar, dan font, yang dapat membantu mempercepat proses pembuatan desain banner Anda. Gunakan aset Canva untuk menghemat waktu dan membuat desain banner yang lebih cepat.

Kesimpulan

Membuat desain banner yang menarik dan efektif bukanlah tugas yang sulit jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Canva adalah

Cara Membuat Spanduk, Banner, MMT di Canva

Membuat spanduk, benner atau MMT di canva tidak serumit yang kalian bayangkan, bahkan pemula saja bisa membuat banner mmt dengan mudah jika kamu mengikuti dengan benar panduan di bawah ini:

Buka canva dot com

Canva bisa kamu install di android maupun tablet kamu, tetapi untuk memudahkan dalam proses mimin sarankan kamu membukanya menggunakan minimal laptop untuk proses yang lebih cepat. Jika di android kamu harus install aplikasi canva. Maka jika di laptop atau PC Komputer kamu hanya perlu membukanya menggunakan browser saja. tinggal masukkan url: canva dot com

Buat Desain Ukuran khusus

Setelah membuka canva :

desain ukuran khusus
  1. Klik buat desain
  2. Kemudian pilih ukuran khusus.
  3. Contoh : mimin menggunakan ukuran 200cm x 80cm atau 2meter x 80centimeter
  4. Tinggal buat desain kamu sesuai keinginan, seperti gambar dibawah mimin membuatkan banner mmt toko offline dan online toko skincare. Sample banner skincare ada di bawah ini.
contoh banner skincare

Tips Trik Cetak Banner di Canva agar tidak Pecah

Nah ini adalah poin paling penting setelah kalian menyelesaikan desain. Langkah ini banyak dilupakan padahal ini paling penting. Perhatikan panduannya:

Cara Save di Canva Sebelum Siap Cetak

Tips Trik Cetak Banner di Canva agar tidak Pecah
  1. Klik Bagikan
  2. Pilih Unduh
  3. Pada jenis file
  4. Pilih “Cetak PDF
  5. Kemudian tekan unduh

note: jika kalian tidak paham Photoshop maupun CorelDraw, sebetulnya file ini tinggal kalian copy ke Flashdisk atau flashdrive, tinggal kalian bawa ke tukang atau jasa cetak MMT/Banner, tinggal minta bantuan untuk cetak sesuai ukuran, selesai

Cek Ukuran dan Kualitas desain Canva dengan Photoshop

Jika laptop atau komputer kalian mempunyai Photoshop maka ada langkah lagi yang bagus untuk menguji atau mengetes desain tersebut sudah layak cetak atau tidak. Berikut panduannya:

Cek Ukuran dan Kualitas desain Canva dengan Photoshop
  • Buka Photoshop
  • Pilih File (menu atas kanan)
  • Pilih new
  • Sesuaikan dengan ukuran yang kamu buat di canva. Mimin menggunakan 200cmX80cm, resolusi 72 Pixel, RGB 8bit. Perhatikan di bagian Image Size: itu adalah ukuran lembar kosongnya, belum kemasukan desain
  • Jika sudah terbuat lembar kosong tinggal drag drop desain canva tadi yang berformat pdf. Akan muncul seperti gambar diatas yaitu Place PDF, tinggal OK saja
  • PDF sudah masuk di lembar kamu, sesuaikan ukuran kemudian tekan ENTER
  • Coba untuk ZOOM in dan ZOOM out untuk memastikan desain sudah layak cetak
  • Jika sudah fix layak cetak pilih File-Save As-Pilih Format “TIFF”. Berinama dan ukuran untuk memudahkan saat cetak nantinya.
  • Untuk TIFF Option silahkan sesuaikan dengan gambar diatas

Bukti Hasil Cetak

Kurang afdol jika mimin tidak menunjukkan gambar hasil cetak, kalau di MEME= no pict = HOAX. Langsung saja nih dibuktikan hasil akhirnya.

hasil cetak banner MMT dengan Canva

Penutup

Dalam tutorial ini, kita telah belajar bagaimana membuat desain banner yang menarik dan profesional menggunakan Canva. Mulai dari memilih template hingga menambahkan teks dan gambar, Canva memudahkan pembuatan desain banner dengan mudah dan cepat.

Selain itu, kita juga telah membahas tips untuk mencetak desain banner agar hasilnya maksimal. Dengan memilih bahan cetak yang tepat dan memperhatikan ukuran serta resolusi gambar, desain banner yang Anda buat di Canva akan terlihat sempurna setelah dicetak.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat desain banner yang menarik dan profesional. Dengan menggunakan Canva, Anda dapat menghasilkan desain banner yang luar biasa dengan mudah dan cepat, serta mencetaknya dengan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments