Jadikan Android Sebagai Speaker Komputer Mudah | Droidinside

Jadikan Android Sebagai Speaker Komputer Mudah

  • 3 min read
  • Okt 12, 2020
android sebagai speaker komputer

Apakah speaker aktif komputer kamu rusak ? Kamu bisa menjadikan Android sebagai speaker komputer yang menggantikan fungsi speaker komputer. Cara ini menggunakan koneksi Wifi atau hotspot untuk membagikan suara dari komputer ke Android.

Android Sebagai Speaker Komputer

Meskipun komputer dan Android sama sama dibekali dengan bluetooth, namun keduanya hampir mustahil menjadi receiver atau sebagai speaker aktif. Tidak seperti kita membeli perangkat speaker aktif dengan bluetooth yang menjadi penerima dan dapat mengeluarkan suara.

Dengan menggunakan akses root pun kamu tetap tidak bisa. Dan kamu malah akan pusing sendiri mencari cara menjadikan Android sebagai speaker komputer.

Namun hal ini dapat diatasi melalui konektivitas Wifi. Dengan perangkat nirkabel ini, kamu bisa mendengarkan musik yang dimainkan di komputer namun output suaranya lewat Android milikmu. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara Menjadikan Android Sebagai Output Suara Komputer

Salah satu aplikasi yang bisa menjadikan Android sebagai speaker komputer/laptop dengan konektivitas Wifi adalah SoundWire. Namun ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

Syarat pertama adalah aplikasi ini harus terinstal di dua perangkat yaitu komputer/laptop dan android kamu. Aplikasi ini ada di Playstore dan web Georgielabs. Kedua aplikasi ini aman dan menurut admin tidak mengandung virus/malware.

Syarat kedua adalah kamu harus memiliki koneksi Wifi yang sama terhubung pada kedua perangkat. Bisa menggunakan koneksi Wifi pada modem/mifi yang sama atau lewat android lain yang menghidupkan hotspot. Kamu tidak bisa menggunakan hotspot android kamu sendiri yang akan dijadikan speaker output.

Instal Aplikasi SoundWire Untuk Kedua Perangkat

Instalasi Di Android

  • Cari dan Instal aplikasi SoundWire dari Playstore android kamu
  • Tunggu proses instalasi sampai selesai

Instalasi Di Komputer

  • Pada komputer, buka http://georgielabs.net/ melalui browser (chrome)
  • Klik logo yang sesuai dengan sistem operasi komputer kamu (windows atau linux) untuk mengunduh aplikasi (akan diarahkan ke Drive untuk mendownload)
  • Instal aplikasi tersebut di komputer sampai selesai
  • Buka aplikasi Soundwire (akan terbuka otomatis setelah instalasi selesai)
  • Jika ada pemberitahuan dari Windows Security, centang kedua pilihan dan klik Allow Access (pada windows)
    instalasi soundwire windows

Proses Menghubungkan Komputer Dengan Android

  • Pastikan ada Wifi yang bisa dihubungkan kedua perangkat. Hubungkan keduanya baik android dan komputer kamu.
  • Buka aplikasi SoundWire di komputer, perhatikan Server Address
    menjadikan android sebagai speaker laptop komputer
  • Buka aplikasi SoundWire di android, klik pada Server
  • Isikan server dengan angka Server Address di komputer
  • Klik ok/centang pada keyboard
  • Jika sudah terhubung Status akan berubah menjadi Connected (di komputer)
    menghubungkan soundwire android

Memainkan Musik Di Komputer

Untuk mengecek apakah sudah bisa atau tidak kamu bisa mencoba mendengarkan musik dari komputer kamu. Secara umum jika speaker komputer kamu normal, maka akan ada 2 suara dari komputer dan android.

Kamu bisa mute speaker komputer kamu sehingga suara akan hanya keluar dari android. Seluruh suara sistem komputer juga akan ditransfer ke android sebagai output suara. Jadi ini akan bisa menjadikan android sebagai speaker komputer mengganti secara keseluruhan suara yang keluar dari komputer.

Kamu bisa mengubah equaliser suara output di android melalui aplikasi SoundWire. Klik tiga titik pojok kanan atas klik Equalizer. Ubahlah sesuai dengan keinginan kamu.

Mengatasi Masalah Pemutaran Suara

Jika suara macet-macet kamu harus mengubah setelan dari aplikasi SoundWire di android. Langkahnya:

  • Pada bagian pojok atas kanan klik tombol tiga titik
  • Klik Settings
  • Klik Audio Buffer Size
  • Ubahlah menjadi lebih kecil atau lebih besar sampai tidak ada macet-macet suara

Semakin kecil buffer size semakin cepat transfer suara dari komputer ke android, sehingga semakin tidak delay/macet-macet. Namun kelemahannya adalah kualitas suara menjadi kurang baik.

Jika suara masih tidak lancar, kamu juga harus mengubah output suara di komputer. Standar laptop terbaru adalah 48.0 kHz, bisa kamu turunkan menjadi 41.0 kHz agar semakin lancar pemutaran suaranya. Ubah juga Android Native Audio menjadi Auto.

Selanjutnya, saat menggunakan android sebagai speaker komputer ini matikan konektifitas selain wifi yang terhubung pada keduanya. Matikan bluetooth yang dapat mengganggu kelancaran pemutaran suara.

Penutup

Aplikasi SoundWire yang menjadikan android sebagai speaker komputer adalah berbayar. Akan ada suara tambahan muncul seperti SoundWire, dan iklan di aplikasi tersebut. Namun tidak mengapa, hal ini tidak akan mengganggu jika kamu pengguna free.

Pengaturan/Setting pada aplikasi ini juga beragam. Kamu bisa mencoba seperti mengubah nama perangkat agar terbaca di komputer sebagai sebuah nama. Otomatis terkoneksi saat aplikasi terbuka, dan sampai kompresi audio untuk memperlancar pemutaran.

Tinggalkan Komentar!