5 Cara Mengembalikan Warna Layar Hp Samsung

  • Droidinside
  • Feb 04, 2022

Bagaimana cara mengembalikan warna layar hp Samsung yang berubah? Beberapa keluhan dialami oleh pengguna ponsel yang terkenal dengan layar Amolednya ini. Ada perubahan warna seperti yang bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini:

warna layar hp samsung pudar droidinside

Perubahan warna hp Samsung yang terjadi ini cukup bervariasi. Ada yang layarnya berubah abu-abu, kecoklatan, kemerahan, kekuningan, kehijauan, dan menjadi buram. Ada yang seharusnya hitam pekat malah jadi ada bayang putih dan kecoklatan(tidak hitam sempurna). Makanya cara mengembalikan warna layar hp Samsung penting juga.

Yang bikin males lagi, pengguna gak ngapa-ngapain dan menggunakan ponsel seperti biasanya. Namun perubahan warna di layar ini terjadi. Cukup mengganggu karena tampilan jadi gak sekeren, sebening, secerah warna sebelumnya atau saat pertama kali beli. Lalu apa penyebab perubahan warna pada layar hp Samsung ini?

Penyebab Perubahan Warna Layar Hp Samsung

Untuk cara mengembalikan warna layar hp Samsung, kayaknya kamu harus tahu dahulu beberapa penyebabnya. Agar bisa menyesuaikan solusi yang paling tepat karena masalah tersebut ada yang disebabkan dari software/perangkat lunaknya atau hardwarenya. Penyebab tersebut bisa dikarenakan salah cara merawat layar Amolednya. Karena menggunakan layar dengan panel yang terkenal tajam ini tidaklah mudah.

Berikut ini beberapa penyebab masalah hp Samsung yang berubah warnanya:

Burn In

Burn In merupakan gejala layar yang berubah warnanya karena terlalu lama berada di posisi yang sama. Seperti halnya wallpaper yang tidak pernah ganti dalam waktu yang lama, warna tersebut akan menempel atau sulit hilang. Perubahan warna ini disebabkan karena software.

Bug Update Sistem

Gak cuma nilai positif yang bisa kamu dapat pas habis update. Banyak pengguna hp Samsung setelah update software mengalami perubahan warna layar. Karena ada konfigurasi warna yang berbeda dari pengembang yang membuat ada warna aneh. Kesalahan sistem/software ini mungkin memang didesain agar layar ponsel lebih awet. Tapi malah cenderung aneh karena kualitas layar jadi kayak pake panel IPS (bukan Amoled). Biasanya saat kecerahan layar tinggi warnanya normal, tapi saat kecerahan dibuat rendah layarnya Samsung jadi menguning.

Terkena Air

Air yang masuk dalam panel LCD atau dibawahnya dapat menyebabkan layar kelamaan menjadi kuning. Warna ini berangsur muncul sejalan dengan air yang didalamnya kering. Jika lama kelamaan dibiarkan, layar bisa rusak dan tidak menampilkan gambar dengan baik.

Pernah Jatuh/Terbentur

Layar Amoled tidak boleh tertekan dengan keras. Apabila jatuh atau terbentur sesuatu, warna layar bisa berubah karena kerusakan panel. Kalau udah gini, mau gak mau kamu harus ganti deh. Lalu adakah cara lain untuk mengembalikannya? Simak ulasan pada bagian selanjutnya.

Cara Mengembalikan Warna Layar Hp Samsung

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebabnya diatas. Tinggal eksekusi bagian mana yang perlu dilakukan supaya layar ponsel Samsung kembali normal warnanya. Berikut ini ada beberapa tips cara mengembalikan warna layar hp Samsung yang bisa kamu lakukan:

1. Gunakan Aplikasi Oled Saver

Layar Amoled itu tidak bisa sembarangan merawatnya, sehingga perlu ganti warna wallpaper dan juga menggunakan Always On Display yang terus bergerak. Salah satu penyakit layar Amoled jika tidak dirawat adalah berwarna kekuningan pada kecerahan rendah. Ada pengguna yang menyarankan menggunakan aplikasi Oled Saver. Fungsinya adalah ketika ponsel standby layar mati. Aplikasi mencegah layar benar-benar mati, namun warna hitam dibuat pekat (tingkat hitam maksimal) dimana hal ini akan membuat layar awet.

Selain membuat awet, aplikasi ini bisa digunakan sebagai cara mengembalikan warna layar hp Samsung. Kamu hanya tinggal menggunakannya secara rutin agar layar kembali ke warna seperti semula. Adapun aplikasi sejenis yang bisa diinstal yaitu: OLED Saver, Blackr: OLED Screen Off, Screen Burn-In Screen Saver, Burn-In Professional Saver.

Gunakan aplikasi tersebut dalam rentang waktu 1-3 jam. Untuk mengembalikan warna ke tampilan semula. Butuh agak lama untuk menyesuaikan warna agar tidak buram atau berubah lagi.

2. Reset Ponsel Samsung

Jika ternyata perubahan warna diakibatkan setelah melakukan update software. Melakukan reset atau mengembalikan ke setelan pabrik direkomendasikan. Tapi semua data akan hilang, lakukan dahulu back up data. Karena akan mengembalikan setelan termasuk gradasi warna atau mode warna pada ponsel Samsung. Langkahnya yaitu:

  • Buka Pengaturan
  • Manajemen Umum (General Management)
  • Atur Ulang (Reset)
  • Reset Data Pabrik (Factory Data Reset)
  • Pilih opsi Wipe Data/Factory Reset dengan tombol volume turun
  • Tekan tombol daya untuk memilih
  • Tunggu beberapa saat hingga ponsel dikembalikan seperti semula

3. Menekan Layar Bagian Atas Sambil Mengatur Kecerahan Layar

Ada pengguna yang berhasil menerapkan cara mengembalikan warna layar hp Samsung yang berubah. Yaitu dengan menekan bagian atas, tepatnya dibawah sensor proximity/speaker dengan perlahan-lahan sambil mengatur kecerahan layar naik dan turun. Sambil menghidupkan dan mematikan layar secara bersamaan.

Cara ini tidak direkomendasikan karena bisa membuat layar rusak jika terlalu kuat menekan. Tapi ada yang pernah mencobanya dan berhasil mengembalikan ke warna semula. Adapun yang udah parah banget atau terlalu lama, cara ini berhasil namun hanya sementara saja.

4. Gunakan Aplikasi Blue Light Filter/Setelan Warna Bawaan

Cara mengembalikan warna layar hp Samsung untuk versi yang lawas adalah dengan bantuan aplikasi. Karena model lawas tidak ada pengaturan untuk mengubah filter warna biru. Instal saja aplikasi Blue Light Filter dari Play Store. Setelah dipasang cobalah untuk menggunakannya.

penyebab layar hp samsung berubah warna droidinside

Untuk ponsel Samsung yang udah ada setelan Mode Layar. Ada pilihan Tampilan Adaptif, Sinema AMOLED, Foto AMOLED, Dasar. Kamu pilih mode Tampilan Adaptif atau Dasar. Gunakan secara bergantian dalam jangka beberapa jam dalam sehari. Ini akan mengembalikan warna secara perlahan. Atau bisa atur Mode Layar Hidup dan Alami dengan keseimbangan putih Dingin bergantian.

5. Bawa Ke Service Center

Kalau gak ada obat setelah banyak cara kamu terapkan. Cara mengembalikan warna layar hp Samsung adalah membawa ke tempat servis resmi. Tujuannya agar bisa mendapatkan jenis layar yang original. Meskipun harganya mahal (diatas 1 jutaan untuk tipe High End) tapi kualitasnya setara.

Adapun kalau masih rentang 1 tahun sejak pembelian, kamu bisa klaim garansi. Asalkan tidak ada cacat layar maupun backdoor. Apalagi kalau masalah ini muncul setelah update. Maka cara mengembalikan warna layar hp Samsung ini adalah pertanggungjawaban pihak Service Center.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.